ACEHTENGGARA, ACEH -- Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Wilayah Aceh bergerak cepat mengerahkan alat berat dan petugas untuk membersihkan material bebatuan yang dibawa banjir di Desa Kampung Baru, Kecamatan Semadam dan Desa Kuning, Kecamatan Bambel, Aceh Tenggara, Minggu (15/5/2022).

Kabalai BPJN Aceh, Ir. Bowo Sudiatmanto MT didampingi, PPK 3.5 PJN 3 Provinsi Aceh, Akbar Hikmi ST.MT, Minggu (15/5/2022) mengatakan, petugas telah dikerahkan untuk membersihkan material bebatuan yang berada di atas Jembatan Kuning Kecamatan Bambel.

Selain itu juga, di Kampung Baru Kecamatan Semadam, dikerahkah excavator untuk mengangkut material bebatuan yang tersumbat di bawah jembatan tersebut. 

Petugas juga membersihkan material di lokasi banjir di Desa Kuning dan sekitarnya serta di Kampung Baru Kecamatan Semadam.

Menurut Akbar Hikmi ST MT, di lokasi yang menjadi wewenang pihak BPJN Wilayah Aceh, telah diturunkan excavator, dump truk, loader serta beberapa personil ke lokasi banjir.

Tujuannya untuk melakukan pembersihan kolong jembatan dan material di badan jalan Nasional Aceh Tenggara - Medan.

Sementara itu, tokoh masyarakat Kabupaten Aceh Tenggara, Nasrul Zaman, mengharapkan kepada pihak Balai Wilayah Sungai Sumatera 1 Aceh untuk melakukan pembersihan di hulu Sungai sendimen- sendimen- di Sungai Desa Kuning I dan Desa Kampung Baru.

Ini penting untuk mencegah terjadinya penumpukan material ketika musim penghujan.

Selain itu, Nasrul Zaman juga mengimbau kepada masyarakat agar menjaga hutan dan melestarikan lingkungan.

Seperti diberitakan sebelumnya, hujan deras mengguyur Kabupaten Aceh Tenggara.

Akibatnya Desa Lawe Hijo, Desa Kuning 1 Desa Kuning 2, Desa Pinding, Kecamatan Bambel, Desa Pasir Puntung, Kecamatan Semadam, Lawe Loning Hakhapen Kecamatan Lawe Sigala-gala, Desa Lawe Dua

Desa Sebudi Jaya, Kecamatan Bukit Tusam, banjir, Sabtu (14/5/2022) sekira pukul 21.31 WIB. 

#snc/gia





 
Top