JAKARTA – Kabar duka datang dari dunia hiburan Tanah Air. Artis senior Mieke Wijaya meninggal dunia, tepatnya di hari kedua perayaan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, Selasa (3/5/2022). Mieke meninggal dunia dalam usia 82 tahun.

"Innalillahi wainna ilaihi rojiiun. Telah meninggal dunia Mama, Nenek, kami tercinta Hj. MIEKE WIDJAJA. Meninggal dunia pukul 19.30 WIB," tulis pesan whats'app (WA) yang beredar di kalangan awak media di Jakarta, Selasa (3/5/2022) malam.

Rumah duka pun sudah mulai didatangi pelayat. Hingga Rabu (4/5/2022) dinihari, pelayat hingga kerabat terus berdatangan. 

Mieke meninggal dunia karena sakit diabetes dan kanker. Hal ini disampaikan langsung oleh putri kandung mendiang, Nia Zulkarnaen di rumah duka kawasan Ampera, Jakarta Selatan, Rabu (4/5/2022) dini hari. Mieke sebelumnya dirawat di RSPAD (Rumah Sakit Angkatan Darat) Jakarta Pusat.

"Sempat sakit 1 bulan ya dirawat di rumah sakit selama bulan puasa ya. Mungkin udah takdirnya di usia 82 tahun," ujar Nia

"Mama itu awalnya dari diabetes, akhirnya ada kanker," imbuhnya.

Mieke merupakan aktris senior yang malang melintang di dunia hiburan. Puluhan judul film hingga sinetron sudah dibintanginya sejak masih remaja.

Mieke Wijaya terjun ke dunia hiburan saat usianya masih 15 tahun. Salah satu film yang melambungkan namanya ialah Tiga Dara karya Usmar Ismail pada 1956, yang merupakan film bergenre komedi musikal. 

Film tersebut mampu memperkenalkan sosok Mieke beserta Chitra Dewi dan Indriati Iskak hingga ke kancah Internasional. Film tersebut juga sempat tampil di Festival Film Venesia 1959. 

Langganan Piala Citra

Mieke cukup aktif di kancah perfilman sejak 1955 hingga 2008 dan sempat meraih beberapa penghargaan bergengsi di Festival Film Indonesia (FFI). Pada 1967 dia berhasil meraih kemenangan sebagai Pemeran Utama Wanita Terbaik dalam FFI lewat film Gadis Kerudung Putih. 

Ia kembali menyabet penghargaan lagi pada 1981 saat bermain dalam film Kembang Semusim. Pada 1975, Mieke meraih penghargaan sebagai Pemeran Pendukung Wanita Terbaik lewat film Ranjang Pengantin. 

Dalam film tersebut, dia diketahui beradu akting dengan Slamet Rahardjo, Lenny Marlina, George Kamarullah hingga Christine Hakim.

Istri Setia Dicky Zulkarnaen

Mieke Wijaya diketahui menikah dengan aktor Dicky Zulkarnaen pada 1965. Kini cinta keduanya dipisahkan oleh maut. Dicky meninggal dunia setelah 30 tahun menikah dengan Mieke.

Lalu pada Selasa, (3/5/2022), Mieke pun menghembuskan nafas terakhir di usia 82 tahun.

Dari pernikahannya dengan Dicky, Mieke dikaruniai empat orang anak, yakni Tirza Valentina Zulkarnaen, Vanya Zulkarnaen, Ade Miskarana Zulkarnaen, Barman Morgana Zulkarnaen.

Anak keduanya, Vanya alias Nia Zulkarnaen diketahui mengikuti jejak kedua orang tuanya sebagai artis. 

Mieke diketahui masih cukup aktif di dunia hiburan tanah air meski usianya tak muda lagi. Dia bahkan masih sempat membintangi film box office Indonesia Ayat Ayat Cinta pada 2008 lalu. 

Lalu wanita 81 tahun ini tercatat masih sempat bermain dalam salah satu judul sinetron mini seri di 2019. Dia bahkan tampil dan beradu akting bersama Sandra Dewi dan Ringgo Agus Rahman.

#ins/bin




 
Top