ACEHTENGGARA, ACEH -- Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Aceh, tahun ini mengalokasikan anggaran APBN Rp 5,1 Miliar untuk perbaikan Jalan Nasional Gayo Lues (Galus) berbatasan Kabupaten Aceh Tenggara (Agara) atau sepanjang 125 kilometer.

Kabalai BPJN Aceh, Ir Bowo Sudiatmanto MT didampingi, T. Fadrial Mahfud, ST MT PPK 3.4 Provinsi Aceh, di Kuta Cane, Sabtu (7/5/2022) mengatakan, kerusakan jalan di daerah itu, akibat kondisi cuaca ekstrem sepanjang bulan Ramadhan sehingga banyaknya jumlah titik longsor serta berulangnya terjadi bencana longsoran dan banjir bandang sehingga membuat kerusakan jalan makin parah. Akibatnya, sedimen tertimbun membuat kami harus bekerja lebih ekstra.

Kata Bowo, anggaran Rp 5,1 miliar itu digunakan untuk pemeliharaan rutin dan pekerjaan lainnya sepanjang dari Ise - ise sampai Rumah Bundar berbatasan dengan kabupaten Aceh Tenggara sepanjang 125 kilometer, termasuk pembersihan longsoran.

Kontrak tahun ini Rp 5,1 miliar itu, termasuk ada digunakan untuk overlay aspal sepanjang 1,1 kilometer di daerah ise- ise dan pekerjaan- pekerjaan lainnya yang tersebar di beberapa lokasi sepanjang ruas 125 kilometer.

"Ini kita sedang melaksanakan perbaikan secara bertahap di kawasan Gayo Lues, kepada pengguna jalan agar berhati-hati dan bersabar,"ujar Kabalai BPJN Aceh, Ir. Bowo Sudiatmanto MT.

DPRA Minta Jalan Dilebarkan

Sementara itu, secara terpisah Wakil Ketua Komisi IV DPRA dari Partai Amanat Nasional, Muchlis Zulkifli ST, mengharapkan, jalan Nasional Aceh Tenggara - Gayo Lues agar jarak tempuhnya diperpendek, sehingga memudahkan masyarakat untuk melintas. 

Jalan Gayo Lues membutuhkan waktu ke Agara selama 2 hingga 2,5 jam. Tetapi, kalau dipersingkat dengan membelah bagian perkebunan masyarakat dan dilebarkan, tentunya akan memudahkan pengguna jalan untuk melintas di daerah itu menuju Kota wisata di Takengon hingga ke Banda Aceh, apalagi jalan itu merupakan jalan alternatif masyarakat menuju ke wilayah tengah Aceh.

"Saya minta pihak Kementerian PUPR Jakarta melalui BPJN Aceh agar perpendek jarak jalan Agara - Gayo Lues dan melebarkan ruas jalan Gayo Lues hingga ke Ise - Ise.

#snc/gia





 
Top