f: fb.dydtchannel

PADANG -- Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Sumatera Barat Prof Ganefri meminta lulusan kampus tersebut dapat mengubah pola pikir dalam menghadapi tantangan global. Konkritnya, penting bagi lulusan UNP untuk menyikapi perubahan global dengan mindset yang benar.

"Perubahan global ini dapat menjadi tantangan yang kompleks, namun juga peluang besar bagi perkembangan bangsa. Masing-masing kita, harus melihatnya sebagai batu lompatan bagi perubahan positif bangsa. Bangsa ini harus mengadopsi sikap terbuka dan proaktif dalam menghadapi perubahan tersebut," ujarnya saat Wisuda UNP ke-131 di Padang, Senin (19/6/2023).

Saat ini, lanjut Ganefri, semua telah merasakan kuatnya arus perubahan global yang menyentuh segenap aspek kehidupan seperti ekonomi, perkembangan teknologi, perubahan tatanan sosial-masyarakat, pandangan politik, tak terkecuali pada aspek pendidikan.

"Nah, pendidikan harus menjadi garda terdepan dalam menyiapkan generasi muda dalam menghadapi tantangan global dan menjadi agen perubahan yang berkelanjutan dalam masyarakat," imbuhnya.

Kemudian, ia juga menekankan bahwa pengembangan pola pikir oleh pihak perguruan tinggi perlu dilakukan agar para lulusan menjadi adaptif, kreatif, inovatif serta memiliki bekal keterampilan yang relevan.

"Selain itu mereka mampu berpikir kritis, berkolaborasi, dan berkomunikasi secara efektif dalam lingkungan yang beragam dan kompleks nantinya," katanya.

Ganefri juga meminta lulusan kampus yang saat ini ia pimpin memiliki kepekaan dalam kehidupan bermasyarakat dengan gelar yang dimiliki saat ini.

"Dengan gelar dan berarti juga dengan pengetahuan yang dimiliki, kami mengharapkan lulusan Universitas Negeri Padang terus menumbuhkan kepekaan terhadap lingkungan kehidupan bermasyarakat di Negara Republik Indonesia," katanya.

Tak lupa, ia juga mengingatkan supaya para lulusan UNP terus mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sebagai dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Upacara wisuda UNP ke-131 Periode Juni 2023 merupakan kegiatan wisuda perdana yang digelar dalam dua shift yakni pagi dan siang. Pada periode ini, UNP mewisuda sebanyak 1.634 orang lulusan.

#ede






 
Top