BENGKALIS, RIAU -- Kelurahan Air Jamban di Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, ditunjuk sebagai salah satu Kampung Pengawasan Pemilu Partisipatif di Riau oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Riau.

Penunjukan tersebut diberikan pada  acara sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif dalam bentuk Kampung Pengawasan Pemilu Partisipatif Tahun 2023, di Gedung Bathin Betuah Kantor Kecamatan Mandau, Kamis (15/6/2023).

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Bengkalis, kami memberikan apresiasi serta ucapan terima kasih kepada Bawaslu Provinsi Riau, yang melaksanakan sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif dan telah menunjuk Kelurahan Air Jamban, Kecamatan Mandau, sebagai salah satu Kampung Pengawasan Pemilu Partisipatif di Provinsi Riau," ucap Bupati Bengkalis yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Bustami HY.

Kemudian lanjut Bustami, Pemerintah Kabupaten Bengkalis beserta Forkopimda dan pihak-pihak terkait lainnya, menyambut baik serta siap memberikan dukungan pada kampung pengawasan pemilu partisipatif di Kabupaten Bengkalis ini, sebagai salah satu media untuk kita memberikan kesadaran kepada masyarakat, bahwa hakikat demokrasi itu dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.

"Pengawasan Pemilu partisipatif ini penting untuk kita lakukan, terutama dalam mengawasi pemilu di ruang privat yang tidak tersentuh oleh pengawas pemilu. Apalagi, masyarakat merupakan pemilik kedaulatan tertinggi di negara demokrasi ini," terangnya.

Melalui Kampung Pengawasan Pemilu Partisipatif ini, lanjutnya, semoga  dapat meningkatkan partisipasi masyarakat, agar pelaksanaan Pemilu nantinya dapat berlangsung secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil serta demokratis.

"Makanya, dengan melibatkan masyarakat untuk ikut aktif dalam proses pengawasan pemilu, tentunya kita dapat memperkuat dan memaksimalkan proses pelaksanaan pemilu, agar dapat berjalan sesuai dengan amanah konstitusi dan mendapat legitimasi secara penuh dan kekuatan dari rakyat," ungkapnya.

Bustami juga berharap kolaborasi yang kuat antara pengawas pemilu dengan seluruh elemen masyarakat, agar pelaksanaan dapat berlangsung secara jujur dan adil.

"Kami optimis, kolaborasi antara pengawas pemilu dengan warga masyarakat inilah yang dapat mewujudkan cita-cita kita bersama bahwa pemilu bisa terlaksana dengan demokratis," pesannya.

Di akhir acara, juga dilaksanakan Penandatanganan Prasasti Wilayah Kampung Pengawasan Pemilu Kelurahan Air Jamban dan penyerahan cinderamata dari Bawaslu Provinsi Riau kepada Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

#ant/rul



 
Top