PADANG -- Pada hari ini, Rabu (28/6/2023), sebagian besar warga Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menggelar salat Idul Adha 1444 H di masjid-masjid lingkungan masing-masing.

Meski harus salat di luar masjid karena di dalam sudah penuh, ratusan jemaah tetap  khidmat mengikuti prosesi salat dari awal hingga akhir. Kondisi ini terjadi hampir di seluruh masjid di kota ini.

Salat hari raya kurban di Padang digelar mulai pukul 07.30 WIB, kemudian khatib naik mimbar menyampaikan khutbah tentang sejarah hingga hikmah yang terkandung dalam ibadah kurban seraya menyerukan ummat agar lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Selepas khotbah Idul Adha, sudah menjadi tradisi pula para jemaah mengikuti berbuka puasa bersama dengan beragam hidangan yang telah disediakan oleh panitia kurban atau pengurus masjid. Momen ini menjadi ajang silaturahmi yang berkesan bagi para jemaah. 

Sementara untuk prosesi puncak yakni pemotongan hewan kurban, masing-masing masjid melaksanakan sesuai skedul yang telah disepakati. Bisa langsung hari ini, bisa juga dilaksanakan selambatnya besok.

Diketahui, pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menetapkan Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah jatuh pada Rabu 28 Juni 2023.

Penetapan ini berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah.

Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) termasuk Kota Padang sebagai ibukota provinsi didominasi oleh jemaah Muhammadiyah. Jadi tidaklah heran jika sebagian besar masyarakatnya lebih dahulu satu dalam melaksanakan Salat Idul Adha. Sementara secara umum, pemerintah pusat menetapkan Hari Raya Idul Adha 1444 H jatuh pada Kamis (29/6/2023) besok.

Sebelumnya, Pengurus Wilayah (PW) Muhammadiyah Sumbar menetapkan pelaksanaan Idul Adha 1444 H atau tahun 2023 pada Rabu (28/6/2023).

Untuk pelaksanaan salat Idul Adha tahun ini, PW Muhammadiyah memusatkan di Masjid At Taqwa Muhammadiyah, Pasar Raya, Kota Padang Sumbar.

Aya Sofia Kabid Dakwah dan Takmir Masjid Taqwa Muhammadiyah menyebut pelaksanaan salat dimulai pukul 07.30 pagi bersama khatib Drs H. Diflaizar.

"Salat akan diimami M.Habiburrahman," katanya, Senin (26/6/2023).

Ia menambahkan salat dilaksanakan di lantai dua dan tiga masjid At Taqwa dengan kapasitas sekitar dua ribu jemaah.

Selain Masjid At Taqwa Muhammadiyah, pada waktu yang sama salat Idul Adha juga digelar di masjid-masjid Muhammadiyah lainnya.

Menurutnya, penetapan salat Idul Adha pada 28 Juni 2023 ini berdasarkan rapat PW Muhammadiyah Sumbar serta hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tarjdid PP Muhammadiyah.

Ketetapan ini juga tertuang dalam maklumat Muhammadiyah Nomor 1/MLM/1.0/E/2023 yang ditanda tangani oleh Ketum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir beserta Sekretarisnya, Mohammad Sayuti pada 21 Januari 2023 lalu di Yogyakarta tentang penetapan hasil hisab ramadan, Syawal dan Zulhijah 1444H.

#trp/ede




 
Top