BUKITTINGGI, SUMBAR -- Sejumlah tokoh masyarakat melaporkan Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar ke Polresta Bukittinggi, Senin (26/6/2023). Mereka tidak terima sang wali kota membeberkan secara terbuka kasus hubungan seks sedarah di daerahnya.

Diketahui, informasi adanya kasus dugaan hubungan seks sedarah atau inses ini diungkapkan Wali Kota Bukittinggi Erman Safar pada pekan lalu. Menurut tokoh Parik Paga Kurai V Jorong, Taufik Dt Laweh, informasi yang dibuka Erman ke khalayak luas itu sangat menyayat hati masyarakat Minang.

“Informasi yang dibeberkan Wali Kota Erman Safar sangat menyayat hati kami masyarakat Kurai V dan masyarakat Minang sedunia. Sejak informasi ini tersebar ke publik, kami sudah resah. Kami memertanyakan (ke Wali Kota) tapi tidak ada respons,” kata Taufik Dt Laweh, saat hendak melapor ke Polresta Bukittinggi, Senin (26/6/2023).

Sebelum melapor ke polisi, puluhan "niniak mamak"  Parik Paga Kurai V Jorong berkumpul di Lapangan Kantin, Bukittinggi. Setelah itu mereka longmarch menuju Mapolresta Bukittinggi. Dalam rombongan ini juga terdapat keluarga yang disebutkan Erman telah melakukan inses.

Seperti diketahui, warga Kota Bukittinggi dihebohkan dengan informasi kasus persetubuhan sedarah antara ibu dan anak atau inses yang telah berlangsung selama belasan tahun. Informasi ini dibeberkan Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar saat acara Sosialisasi Pencegahan Pernikahan Anak di rumah dinasnya pada Rabu (21/6/2023) lalu.

Erman mengatakan, anak yang berhubungan seksual dengan ibu kandungnya ini sekarang sudah berusia 28 tahun dan ia sudah berhubungan intim dengan ibu kandungnya sejak masih duduk di bangku SMA.

"Anak kita, dari usia SMA sampai usia 28 tahun berhubungan badan dengan ibu kandungnya," beber Erman kala itu.

Erman menyebut kasus ini sekarang sudah ditangani oleh Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi. Namun ia tidak merinci lebih lanjut bagaimana proses kasus ini bisa terungkap. Katanya sang anak sudah dikarantina.

Erman sendiri merasa miris dengan kejadian yang dialami warganya ini. Apalagi hal ini terjadi di dalam keluarga yang utuh, di mana dalam satu rumah juga ada ayah kandung si anak yang notabene adalah suami sah dari sang ibu.

#rep/bin





 
Top