JAKARTA -- Pakar Hukum Tata Negara Denny Indrayana menduga Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menargetkan pihak oposisi pemerintah. Yang ditarget adalah menteri.

"Pagi tadi saya kembali mendapatkan informasi penting. Kali ini soal dugaan kasus korupsi yang sedang berjalan di KPK. Yang ditarget menjadi tersangka lagi-lagi adalah lawan oposisi," kata Denny Indrayana dalam keterangannya, Rabu (14/6/2023).

"Seorang Menteri dengan inisial S*L. Tujuannya jelas, mengganggu KPP (Koalisi Perubahan untuk Persatuan) dan menjegal pencapresan Anies Baswedan," sambung caleg dari Partai Demokrat tersebut.

Ramai pemberitaan terkini mass media,  KPK tengah menyelidiki laporan dugaan kasus korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan). 

Terkait kasus di kementerian yang saat ini dipimpin Syahrul Yasin Limpo itu, KPK sudah meminta keterangan sejumlah orang. Namun Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri enggan membeberkan lebih terang dugaan korupsi apa yang sedang diusut itu. Dia mengatakan perkara ini masih dalam tahap penyelidikan.

"Sejauh ini yang kami ketahui benar tahap proses permintaan keterangan kepada sejumlah pihak atas dugaan korupsi di Kementerian Pertanian. Ini sebagai tindak lanjut laporan masyarakat yang diterima KPK sehingga kemudian KPK tindaklanjuti pada proses penegakan hukum," ucap Ali.

"Karena masih pada proses penyelidikan tentu tidak bisa kami sampaikan lebih lanjut. Segera kami sampaikan perkembangannya," sambungnya.

Mentan Ngaku Tidak Mengerti

Terpisah, Mentan Syahrul Yasin Limpo mengatakan tidak mengerti soal dugaan korupsi itu.

"Oh saya tidak mengerti itu," kata Yasin Limpo saat berkunjung ke Kabupaten Solok, Sumatera Barat, seperti dikutip dari Antara, Rabu (14/6/2023).

Yasin Limpo enggan menjawab lebih jauh terkait laporan dugaan korupsi di Kementan. Dia langsung menuju kendaraan dinas dan meninggalkan lokasi peninjauan kawasan pengembangan bawang merah di Solok.

Kunjungan Yasin Limpo di Solok bagian dari rangkaian kegiatan Penas Tani XVI yang dipusatkan di Lanud Sutan Sjahrir Kota Padang, 10-15 Juni 2023.

Penyelidikan di KPK

Secara terpisah, Plt Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Asep Guntur Rahayu juga mengamini ihwal penyelidikan Kasus dugaan korupsi di Kementan. Asep belum menjelaskan detail kasus itu.

"Saat ini masih proses penyelidikan. Mohon maaf belum ada yang bisa kami sampaikan ya," kata Asep.

#dtc/bin






 
Top