SAMARINDA -- Senator asal Kalimantan Timur (Kaltim), Aji Mirni Mawarni, ST, MM, mengadakan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan Republik Indonesia di kediamannya, Samarinda, Rabu (14/6/2023) kemarin. Ia mengundang warga Kecamatan Sungai Pinang, yang sebagian besar merupakan pelaku UMKM. 

Ini kesekian kalinya Senator Mawar mengadakan Sosialisasi Empat Pilar bersama para pelaku UMKM. Pasalnya, geliat aktivitas UMKM berkaitan dengan pengembangan ekonomi kreatif dan menjadi salah satu penopang perekonomian Provinsi Kaltim.

Selain itu, diharapkan kegiatan Sosialisasi Empat Pilar ini menjadi wahana bagi para warga untuk dapat menyampaikan asipirasinya. Di mana mayoritas problem para pelaku UMKM - terutama para pemula - ialah dalam aspek pemasaran, pengemasan, serta minimnya modal usaha. 

Kontribusi para pelaku UMKM untuk perekonomian Kaltim semakin nyata. Terutama dengan ditetapkannya Kaltim sebagai lokasi Ibu Kota Negara (IKN).

“Karena itu sangat diharapkan para pelaku UMKM dapat terus meningkatkan kreativitas dan kualitasnya guna menghasilkan produk-produk yang berkualitas dan berdaya saing,” ujar Mawar. 

Selain pentingnya peningkatan kualitas produk, menurutnya peningkatan sumber daya manusia (SDM) menjadi hal yang harus diprioritaskan. Pasalnya, pada saat IKN dipindahkan, akan ada jutaan orang yang bermigrasi ke Kaltim. 

“Jangan sampai kita sebagai penduduk asli hanya menjadi penonton di daerah kita sendiri. Kita harus meningkatkan kualitas diri dan menggali potensi diri agar kita menjadi SDM yang mampu bersaing,” tutur Mawar. 

Ia berharap setiap warga dapat termotivasi untuk mengembangkan ekonomi dengan menciptakan produk-produk yang bersumber dari potensi lokal dan dapat dijadikan sebagai sumber penghasilan. 

#kkt/ede





 
Top