JAKARTA -- Jajaran pengurus NasDem di pusat menyambut gembira pertemuan bacapresnya, Anies Baswedan, dengan Ketua DPP PDIP Puan Maharani di sela ibadah haji. Ketua DPP NasDem Willy Aditya menilai momen ini menjadi bukti semua hal bisa dipertemukan untuk kepentingan bangsa.

"NasDem tentu sangat gembira. Ini mengirimkan pesan yang kuat kepada seluruh bangsa Indonesia bahwa semua bisa bertemu dalam damai dan gembira. Bahwa ada perbedaan itu tidak menjadikan alasan untuk bermusuhan. Semua bisa dipertemukan dalam kepentingan yang lebih besar, yaitu bangsa dan rakyat," kata Willy kepada awak media di Jakarta, Jumat (30/6/2023).

Meski tidak ada dalam momen pertemuan itu, Willy menilai keduanya saling berbagi cerita dalam konteks ibadah haji. Dia berpandangan keduanya tidak mungkin membahas politik.

"Ya silaturahim saling berbagi cerita di rumah Allah dalam suasana ibadah. Nggaklah, mereka berjumpa sebagai sesama tamu Allah," ucapnya.

Willy menilai saling mendoakan di Tanah Suci menjadi hal yang mulia. Apalagi keduanya tokoh nasional yang menurutnya akan membawa warna positif di dunia perpolitikan RI.

"Saling mendoakan itu perilaku mulia. Apalagi ditampilkan oleh dua tokoh nasional. Jadi apa yang dipraktikkan oleh dua politisi tersebut adalah sesuatu akan memberikan warna yang positif bagi kehidupan sosial politik kita," ujarnya.

"Hal semacam ini tentu patut kita apresiasi. Politik ditampilkan dalam wajah yang rasional dan jauh dari kebencian. Inilah warna politik yang disebut inklusif itu. Apa yang ditampilkan oleh Mas Anies dan Mbak Puan ini menggugurkan tuduhan-tuduhan dari pihak yang senang menuduh dan memelihara politik identitas," lanjut Willy.

Willy berharap kedua doa dari keduanya dapat membawa Indonesia semakin dekat dengan cita-cita bangsa. "Kita harapkan doa dari kedua tokoh tersebut membawa Indonesia semakin dekat dengan cita-cita didirikannya republik ini," ucapnya.

Diketahui, Puan Maharani dan Anies Baswedan dikabarkan bertemu di Arab Saudi pada Jumat (29/6/2023) pukul 19.30 waktu setempat. Keduanya bertemu setelah Puan melempar jumrah kedua dari Mina.

Ketua DPP PDI Perjuangan Said Abdullah yang mendampingi Puan sekeluarga mengungkapkan pertemuan Ketua DPR tersebut dengan Anies Baswedan berlangsung tanpa direncanakan.

"Saya mendampingi Mbak Puan dan suami beribadah haji. Kami sedang beristirahat sejenak usai dari Mina untuk melempar jumrah kedua. Tanpa direncanakan kami bertemu dengan Mas Anies Baswedan dan istri di Guest House di Mina, Saudi Arabia. Saat keduanya beristirahat usai kegiatan panjang itulah bertemu," ungkap Said dalam keterangan tertulis, Jumat (30/6/2023).

"Kedua beliau saling bercakap-cakap santai, saling mendoakan, apalagi sedang berada di Baitullah sebagai tempat yang bermustajab untuk berdoa. Kedua beliau bicara yang ringan-ringan saja. Apalagi Mbak Puan usai lempar jamrah, sebagai simbol telah mengusir hawa jahat, membuahkan tali silaturahmi," jelasnya.

Ketua Banggar DPR ini pun berharap pertemuan kedua tokoh ini bisa menciptakan kondisi politik Tanah Air yang lebih sejuk dan asyik tanpa ketegangan.

"Kita tidak ingin suasana Pilpres 2024 penuh ketegangan seperti yang terjadi pada pilpres sebelumnya. Saatnya memberi teladan kepada rakyat, bahwa perbedaan pilihan politik tidak lantas membuat sesama kita saling memutuskan silaturahmi, apalagi saling bermusuhan," ujarnya.

#dtc/bin





 
Top