BANDAACEH -- Ribuan jamaah warga persyarikatan Muhammadiyah Aceh melaksanakan Shalat Idul Adha 1444 Hijriah di halaman parkir kampus Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha), di Banda Aceh, Rabu (28/6/2023).

"Untuk pelaksanaan Shalat Idul Adha ini memang dipusatkan di kampus dan ada tiga titik khusus di wilayah Banda Aceh," kata Ketua MPI PW Muhammadiyah Aceh Mimi Asri di Banda Aceh, Rabu.

Pelaksanaan Shalat Idul Adha Muhammadiyah Aceh tersebut diimami oleh Teuku Raiyan Fadjrul dan khatib Dr Ali Abubakar.

Dalam ceramahnya, Ali Abubakar menyampaikan bahwa kurban adalah salah satu ibadah yang paling tua, memiliki sejarah panjang. Di mana, banyak yang menghubungkan kurban dengan peristiwa Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail.

"Namun, sejatinya praktik berkurban ini telah hadir sejak Habil dan Qabil, yakni dua putra nabi Adam," kata Dr Ali.

Dirinya mengatakan sebenarnya kurban juga tidak hanya menjadi ajaran dari agama Islam, tetapi juga ajaran semua agama, agama langit, bumi bahkan ajaran beberapa filsafat hingga Yunani kuno.

Tetapi, kurban dari ajaran tersebut dapat dikatakan sebagai persembahan kepada tuhan dan dewa yang dianggap tidak memiliki perhatian terhadap manusia. Lalu, para dewa itu dibujuk dengan kurban agar peduli dengan manusia.

Pemahaman ini, kata Ali, kemudian diubah, direkonstruksi oleh Nabi Ibrahim, melalui dakwah yang dilaksanakan untuk mengubah ajaran agama tersebut menjadi lebih etis yakni agama yang senantiasa baik terhadap manusia.

"Kurban diubah, dari kurban manusia menjadi kurban hewan, Nabi Ibrahim sukses mengakhiri kurban manusia dan digeser menjadi hewan. Itulah peristiwa besar dalam sejarah kemanusiaan yang dipraktekkan oleh nabi Ibrahim. Maka pesannya di sini adalah agar manusia berhenti mengorbankan manusia lainnya," kata Dr Ali Abubakar.

Untuk diketahui, selain di Lapangan Parkir Unmuha, terdapat tiga titik lain yang melaksanakan Shalat Idul Adha di Banda Aceh, yaitu Stikes Muhammadiyah Aceh dan di SD 2 Muhammadiyah Banda Aceh serta di kabupaten/kota se Aceh.

Sebelumnya, Pimpinan Pusat Muhammadiyah menetapkan hari raya Idul Adha 1444 H jatuh pada hari ini, 28 Juni 2023. Seluruh warga persyarikatan melaksanakan Shalat Idul Adha pada hari ini.

Penetapan Idul Adha tahun ini berbeda dengan pemerintah. Di mana pemerintah menetapkan hari raya Idul Adha 1444 H jatuh pada esok hari, Kamis (29/6/2023).

#ant/gia



 
Top