PADANG – Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dengan wilayahnya yang luas serta terdiri dari 19 kabupaten/kota, tentunya sarat dengan persoalan-persoalan hukum di tengah-tengah masyarakatnya. Karena itu, peran penyuluh hukum sangat strategis dalam menciptakan kondisi masyarakat yang harmonis.

Demikian penekanan Kepala Kantor Wilayah Kementerin Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Barat (Kakanwil Kemenkumham Sumbar) Haris Sukamto ketika secara resmi melantik dan mengambil sumpah jabatan 70 orang pejabat administrasi dan fungsional jajaran kantor wilayah, bertempat di aula Pengayoman kantor Kanwil Kemenkumham Sumbar, Selasa (17/10/2023).

Lebih lanjut Kakanwil menekankab bahwa jabatan bukan sekedar pemberian atau kepercayaan pimpinan, tetapi harus dapat dipertanggungjawabkan kepada negara, masyarakat dan di hadapan Allah Swt nantinya.

“Pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan ini hendaknya dipahami sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan kinerja dan dimaknai dari unsur kepentingan organisasi, bukan untuk penempatan figur-figur pejabat pada jenjang jabatan dan kepentingan tertentu”, tegasnya. 

Lebih lanjut Kakanwil mengingatkan bahwasanya penyelenggaraan dalam pembimbingan warga binaan merupakan tugas dan fungsi utama dalam wujud membekali dan menuntun klien dengan memberikan penyadaran dan peningkatan kualitas ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, budi pekerti, pendidikan formal, psikoterapi, kesejahteraan dan lain sebagainya sesuai kebutuhan program-program pembinaan berbasis masyarakat.

“Kami ucapkan selamat kepada saudara-saudara yang baru saja dilantik, singsingkan lengan baju untuk meningkatkan kerjasama dengan instansi terkait dan terus tingkatkan kinerja dan kepada saudara-saudara yang akan bertugas di luar Sumatera Barat kami ucapkan terima kasih atas dedikasinya selama ini dan selamat bertugas di tempat yang baru, semoga Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat jaya selalu”, ujarnya. 

Pelantikan dihadiri oleh Pimpinan Tinggi Pratama Kanwil Kemenkumham Sumbar,  Pejabat Struktural, JFT Madya, rohaniawan, beserta seluruh tamu undangan yang mendampingi seluruh pejabat dilantik.

Pada kesempatan itu dilangsungkan prosesi penyematan tanda jabatan oleh Kakanwil serta penyerahan memori jabatan antara pejabat yang lama dengan pejabat yang baru.

#rel/ede





 
Top