PADANG -- Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda Sumbar) Irjen Pol Suharyono, SIK, SH menyambut kedatangan Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Rabu (25/10/2023).

Diketahui, kedatangan Jokowi ke Sumbar dalam rangka kunjungan kerja (kunker), diantaranya peresmian Bandara Rokot di Kepulauan Mentawai. 

Penyambutan Kepala Negara di BIM, diikuti oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah, Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Mochammad Hasan, Wagub Sumbar Audy Joinaldy, Danrem 032 Wirabraja, Danlantamal II Padang, Danlanud Sutan Sjahrir, Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Edi Mardianto, SIK, M.Si dan Forkopimda Sumbar. 

Usai penyambutan, Kapolda Sumbar mengikuti kegiatan Presiden Jokowi ke Mentawai dengan menggunakan pesawat kepresidenan. 

Setelah dari Mentawai, Presiden RI beserta rombongan menuju SMK Negeri 5 Kota Padang untuk meninjau fasilitas dan kegiatan belajar mengajar.

Kemudian beranjak menuju Gudang Bulog Rawang Timur, Kota Padang, meninjau persediaan beras. 

Selesai acara tersebut, Presiden Jokowi akan lepas landas menuju Provinsi Sumatra Selatan.

Kerahkan Ribuan Personel

Sementara, Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Dwi Sulistyawan, SIK, menuturkan, Polda Sumbar mengerahkan ribuan personel untuk pengamanan kunjungan kerja Presiden Republik Indonesia.

"Ada 1.662 personel Polri yang terlibat pengamanan VVIP, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo," ungkapnya. 

Ia melanjutkan, pada pengamanan Presiden RI Joko Widodo itu, personel Polri berada pada ring 3, sedangkan ring 1 adalah Paspampres dan ring 2 TNI.

"Khusus personel Polda sebanyak 682 orang, sedangkan Polres jajaran 980 orang, bergabung dengan personel TNI, dan instansi lainnya," rinci Kombes Pol Dwi.

Dikatakan, pengamanan itu dilakukan untuk kelancaran kunker Presiden selama di Provinsi Sumbar. Para personel Polri juga bersiaga di jalan raya. 

"Pengamanan di jalan raya untuk memastikan arus lalu lintas berjalan lancar, sehingga kendaraan Presiden bisa lewat tanpa ada hambatan," pungkasnya.

#rel/ede




 
Top