PADANG -- Puluhan orang pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di sepanjang Jalan Samudera Olo Ladang bersama Wakil Wali Kota Padang Ekos Albar, penuh semangat melaksanakan Gotong Royong membersihkan sampah di Pantai Padang, Sabtu (21/10/2023) pagi.

"Pemko Padang mengapresiasi aksi bersih-bersih pantai yang diadakannya oleh Ikatan Pedagang Kaki Lima Samudra (IPKLS) pagi ini," ucap Wawako Ekos.

Wawako didampingi Kepala BKPSDM Mairizon, Plt. Kasat Pol PP Raju Minropa, Kabag Prokopim Imral Fauzi, Sekretaris Dinas Pariwisata Rina Melati, Camat Padang Barat Junie Nursyamza dan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang, saat itu turut dalam goro barjeng PKL tersebut.

"Kami berharap goro seperti ini dapat diadakan secara berkelanjutan, minimal satu kali dalam satu bulan, agar kebersihan Pantai Padang tetap terjaga. Kegiatan ini diharapkan dapat pula menjadi contoh bagi pedagang lainnya, yang berada di sepanjang Pantai Padang ini," ucap Wawako lebih lanjut.

Wawako Ekos Albar menambahkan, Pemerintah Kota Padang bersama TNI-Polri dan stakeholder lainnya akan terus melakukan penertiban di sepanjang Pantai Padang.

"Untuk itu, kepada para pedagang mohon patuhi aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah dalam berjualan, dan jika ada keluhan dan permasalahan tolong disampaikan kepada Pemerintah Kota Padang," harpnya.

"Komunikasi antara pedagang dan pemerintah sangat dibutuhkan dalam rangka menciptakan Kota Padang yang bersih, tertib, dan indah, tentunya akan berpengaruh pada kesejahteraan pedagang yang berada di Pantai Padang," pungkas Wawako Ekos Albar.

Bezuk Personil Satpol PP

Sementara itu, usai mendapat informasi adanya anggota Satpol PP yang terluka saat pengawasan di Pantai Padang beberapa hari lalu, Wali Kota Padang Hendri Septa langsung mendatangi Rumah Sakit Yos Sudarso guna melihat kondisi korban, Kamis (19/10/2023) malam.

Sontak Wako Hendri terenyuh melihat kondisi personilnya yang terluka akibat lemparan batu oleh oknum PKL yang menyerang secara membabi-buta pada saat penertiban.

Kehadiran Wako Hendri di rumah sakit disambut oleh Sekdako Andree Algamar beserta istri, juga terlihat Plt.Kasat Pol PP Padang Raju Minropa yang semenjak awal berada mendampingi personil di ruangan IGD.

Di kesempatan itu Wako Hendri Septa mengungkapkan rasa prihatinnya dan berpesan agar personil diberikan perawatan terbaik. Wako juga berharap kejadian serupa tidak terulang lagi di kemudian hari.

"Saya turut prihatin atas musibah ini. Meskipun tidak ada pekerjaan yang tidak beresiko, saya harap ke depannya tidak terulang lagi hal seperti ini. Penting untuk waspada dan melengkapi diri dengan alat pelindung dalam bertugas. Semoga lekas sembuh untuk personil kami dan dapat segera kembali bertugas seperti biasa," pungkas Wako.

#rel/ede





 
Top