JAKARTA -- Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan, pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto selaku bakal calon presiden (bacapres) Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk menentukan bakal calon wakil presiden (bacawapres)

AHY mengatakan, Prabowo juga sudah mengetahui nama cawapres yang diaspirasikan oleh Partai Demokrat, yakni Khofifah Indar Prawansa, Ketum Muslimat Nadhlatul Ulama (NU)  yang saat ini menjabat Gubernur Jawa Timur (Jatim).Ia pun berharap Prabowo memahami aspirasi yang disampaikan Demokrat itu.

"Saya dalam berbagai kesempatan mengatakan Demokrat sudah pada posisi menyerahkan segala sesuatunya kepada capres kita, Pak Prabowo. Aspirasi yang kami sampaikan juga sudah diketahui, dipahami," ujar AHY saat ditemui di kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara, Jakarta, Selasa (17/10/2023).

Lebih jauh, AHY menjelaskan, Demokrat berharap Prabowo bisa memenangkan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Ia mengatakan, pihaknya turut berharap agar cawapres yang Prabowo pilih memiliki kans pemenangan yang paling baik.

"Kita tahu nanti kompetisinya akan sengit dalam arti masing-masing kandidat memiliki kekuatan, memiliki basis kekuatan masing-masing," tuturnya.

Meski begitu, kata AHY, Demokrat yakin KIM di bawah kendali Prabowo bisa sukses.

"Tetapi kami tetap memiliki optimisme bahwa Koalisi Indonesia Maju di bawah kepemimpinan Pak Prabowo bisa sukses, dan mencapai target-target kemenangan dan bisa di pemilu nanti," imbuh AHY.

Diketahui, Prabowo didukung oleh KIM yang terdiri dari Partai Gerindra, Partai Demokrat, Partai Golkar, PAN, Partai Bulan Bintang, Partai Gelora, Partai Garuda, dan Prima.

Sementara itu, bakal calon presiden lainnya yang akan maju adalah Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Ganjar didukung oleh PDI-P, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Perindo, dan Partai Hanura.

Sedangkan Anies Baswedan, yang berpasangan dengan Muhaimin Iskandar, diusung oleh Partai Nasdem, Partai Kebangkitan Bangsa, dan Partai Keadilan Sejahtera.

#kpc/bin





 
Top