JAKARTA -- Bakal Calon Presiden dari Koalisi Indonesia Maju (Bacapres KIM) Prabowo Subianto menghadap Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, pada Sabtu (21/10/2023). Pertemuan ini berlangsung beberapa saat setelah putra sulung Jokowi Gibran Rakabuming Raka diusung oleh Partai Golkar sebagai bakal cawapres Prabowo.

Pantauan awak media di Istana Merdeka pada Sabtu sore, Prabowo keluar dari Pintu VIP atau Bali sekira pukul 16.23 WIB. Ia mengenakan baju putih dan celana cokelat. Tidak diketahui kapan ia datang.

Pertemuan Jokowi dan Prabowo berlangsung secara tertutup. Sejauh ini belum diketahui apa isi pembahasan dari pertemuan tersebut.

Sebelumnya Prabowo hadir di acara Rapimnas Partai Golkar. Rapat tersebut menghasilkan keputusan untuk mendukung Wali Kota Solo Gibran Rakabuming menjadi bakal cawapres untuk Prabowo.

Ketua Umum Partai Gerindra itu menjadi satu-satunya bacapres yang belum mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Ia juga belum mengumumkan secara resmi siapa bakal calon wakil presidennya. Prabowo dikabarkan akan memilih Gibran sebagai bacawapresnya setelah keluar putusan Mahkamah Konstitusi soal batas usia cawapres minimal 40 tahun atau sudah berpengalaman sebagai kepala daerah.

Sinyal bahwa Prabowo akan menetapkan Gibran datang dari Partai Amanat Nasional atau PAN. Hari ini Gibran diketahui berkunjung ke rumah Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Lewat unggahan media sosialnya, Zulhas-sapaan akrab Zulkifli Hasan mengunggah fotonya dengan Gibran dengan keterangan, "Agar Indonesia maju terus, silaturrahmi tidak boleh terputus. Bismillah mas Wali," tulis Zulhas diakhiri emoticon jempol.

Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi mengatakan tak ada yang lebih jelas dari sinyal yang dimaksud Zulhas di caption foto itu. “Kalau dari pengertian postingan Bang Zulhas hari ini, bilang Bismillah Mas Wali, itu berarti oke ya, berangkat jadinya, emang ada yang lain?” ujar Viva.

Adapun PAN selama ini dikenal kukuh mengusung nama Erick Thohir sebagai bakal cawapres untuk Prabowo. Bahkan sebelumnya beredar foto surat keterangan tidak pernah dipidana dari Pengadilan Negeri Jakarta Selatan untuk Erick Thohir.

Sebelum Gibran bertemu Zulhas, pada Jumat malam, 20 Oktober 2023, Prabowo bersama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia mengunjungi rumah Menteri Perdagangan itu.

Seusai pertemuan, Zulhas mengungkap jika Prabowo sudah mengantongi satu nama bakal cawapresnya. Diduga kuat, nama itu adalah Gibran.

Viva mengatakan pengumuman resmi Gibran menjadi pendamping Prabowo akan dilakukan setelah peringatan Hari Santri yang puncaknya akan digelar di Surabaya pada Ahad 22 Oktober 2023. Ia menyebut dalam acara tersebut sejumlah ketua umum partai Koalisi Indonesia Maju akan datang. Usai pertemuan itu, kata dia, akan dirapatkan lagi.

"Ya paling cepet ya hari Senin ya (deklarasi). Mungkin ya, tapi belum ada kepastian. Rencananya gitu ya,” kata Viva Yoga, Sabtu (21/10/2023).

#tpc/daf/akh/sar





 
Top