PADANG -- Dokter spesialis bedah anak Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. M Djamil Padang, Budi Arnofyan, mengatakan, dirinya bersama sejumlah tim dokter telah selesai melakukan operasi terhadap pasien atas nama Adnan Arfandi, bayi yang usianya baru 5 bulan. 

Bayi laki-laki tersebut harus menjalani operasi karena ada tumor "teratoma" atau tumor yang menyerupai makhluk hidup di dalam perutnya. Sebelum ada penjelasan terperinci dari dokter, bayi usia 5 bulan asal Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) itu sempat disebut "bayi hamil" karena ada sesuatu menyerupai janin dalam perutnya yang terus membesar. 

"Terhadap bayi Adnan telah dilakukan operasi pada Kamis tanggal 23 Oktober 2023. Operasi membutuhkan waktu sekitar dua setengah jam, mulai pukul 08.00 hingga 10.30 dengan," ungkap Budi kepada awak media di Padang, Jumat (27/10/2023).

Budi menjelaskan, sejauh ini, kondisi pasien dalam keadaan stabil dan tetap dalam pemantauan intensif di ruangan PICU. Menurut dia, untuk proses selanjutnya hasil pengangkatan yang disebutkan tumor jenis teratoma akan dilakukan pemeriksaan di Labor Patalogi Anatomi.

"Supaya tim medis dapat mengetahui lebih jelas tentang komponen melalui hasil pengangkatan yang dilakukan tim dokter," imbuh Budi.

Sebelumnya ramai pemberitaan media tentang kabar menghebohkan dari Kampung Limau Sundai, Nagari IV Koto Hilie, Kecamatan Batan Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumbar. Seorang bayi laki-laki di kampung tersebut diduga mengandung janin di dalam perutnya. 

Berdasarkan keterangan orang tua Adnan, Hendi, anaknya sejak tiga bulan lalu mengalami sakit. Ketika baru berusia tiga bulan, terlihat tumbuh sebesar jempol di bagian perut Adnan.

"Lalu dibawa berobat ke rumah sakit di desa. Katanya tumor. Setelah itu dibawa ke rumah sakit di Painan, dirujuk ke Padang," kata Hendi di Padang, Selasa (24/10/2023) lalu. 

#ede






 
Top