JAKARTA -- Presiden Joko Widodo kembali melantik Amran Sulaiman menjadi Menteri Pertanian (Mentan) menggantikan Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang baru-baru ini resmi mengundurkan diri. Diketahui, pada 2015-2019, Amran juga pernah berada pada jabatan yang sama. 

Pelantikan berlangsung di Istana Negara, Jakarta pada hari ini, Rabu (25/10/2023). Dimulai pukul 09.00 WIB, prosesi pelantikan diawali dengan pembacaan Keppres dan pengambilan sumpah. 

"Saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab," ucap Jokowi mendiktekan sumpah jabatan.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi juga melantik Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Letjen (TNI) Agus Subiyanto. Agus menggantikan Jenderal TNI Dudung Abdurachman yang memasuki masa pensiun. Jokowi juga melantik Sulaiman menjadi Duta Besar RI untuk Argentina. Sulaiman telah menjalani uji kelayakan dan kepatutan awal Februari lalu di DPR.

Pelantikan ini dihadiri Menko Polhukam Mahfud Md, KSP Moeldoko, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Seskab Pramono Anung, KSAL Laksamana Muhammad Ali, KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo, hingga Wamenlu Pahala Mansury.

#l6c/bin






 
Top