PADANG -- Momen libur Lebaran tidak hanya menjadi waktu untuk bersilaturahmi dengan sanak saudara, tetapi juga momen untuk menguji ketahanan dan kesiapan para pemudik saat kembali ke kampung halaman.

Menghadapi arus balik, Kasatlantas Polresta Padang, Kompol Alfin mengimbau pengendara untuk mempersiapkan diri dan kendaraannya dengan matang.

Hingga saat ini, tercatat ada 6 kasus kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) di wilayah hukum Polresta Padang selama Operasi Ketupat 2024. Faktor utama penyebabnya adalah kondisi kendaraan yang tidak layak jalan dan rem yang tidak berfungsi dengan baik.

Alfin menekankan bahwa kondisi ini sangat membahayakan, terutama bagi pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi.

"Minimalisir potensi kecelakaan dengan melakukan persiapan yang matang dalam perjalanan arus balik lebaran, baik kesiapan fisik maupun kendaraan sebelum kembali ke perantauan," ujar Alfin.

Ia juga meminta masyarakat untuk berhati-hati dan selalu memperhatikan rambu-rambu lalu lintas demi menjaga kondusivitas selama perjalanan.

"Selalu perhatikan rambu-rambu yang ada di jalan dan patuhi terus peraturan berlalu lintas. Untuk kawasan-kawasan rawan seperti Sitinjau Lauik, kami juga mengimbau masyarakat melalui papan imbauan yang dipasang di semua titik kawasan Sitinjau Lauik," pungkasnya.

#pdk/ede




 
Top