LAMPUNGTENGAH, LAMPUNG -- Anggota Polres Lampung Tengah, Aiptu Supriyanto, menemukan tas berisi uang tunai Rp 100 juta yang tertinggal di sebuah toilet rest area KM 116 A Tol Trans Sumatera, Lampung Tengah. Tas tersebut milik seorang pemudik bernama Sukisno (55).

Peristiwa itu terjadi pada Minggu (14/4/2024) sekitar pukul 07.00 WIB. Saat itu, kondisi rest area sedang ramai pemudik yang beristirahat.

Aiptu Supriyanto mulanya sedang patroli jalan kaki sekaligus memberikan imbauan ke pemudik di rest area. Lalu ia menemukan sebuah tas di toilet rest area.

Saat menemukan tas tersebut, Aiptu Supriyanto tak berani membuka sendirian. Ia membawanya ke pos untuk diperiksa bersama sekuriti dan petugas cleaning service rest area. Di dalam tas itu berisi uang tunai.

"Saat dibuka, isinya uang tunai pecahan lebih kurang senilai Rp 100 juta. Selain itu ada barang berharga berupa HP, paspor dan dompet yang berisi identitas pemilik," ujar Kabid Humas Polda Lampung Kombes Umi Fadilah dalam keterangannya.

"Anggota kami langsung bergegas mengumumkannya menggunakan TOA masjid di rest area setempat, didengar oleh pemilik tas," lanjutnya.

Aiptu Supriyanto juga melakukan panggilan telepon melalui riwayat telepon ponsel yang ditemukannya itu. Setelah beberapa saat, Aiptu Supriyanto bertemu dengan Sukisno yang tak lain adalah pemilik tas. 

Meski sempat ditawari uang sebagai imbal jasa, Aiptu Supriyanto menolak karena memberikan keamanan adalah tugas polisi.

"Saat itu, yang ada dalam pikiran saya, pokoknya tas ini harus segera kembali ke yang punya," kata Aiptu Supriyanto

"Sebelum sang pemilik tas melanjutkan perjalanannya kembali, makanya respons saya cepat untuk mengembalikan barang pemudik itu sebelum jauh," ungkapnya.

#dtc/bin




 
Top