JAKARTA -- Pendiri Mustika Ratu dan Yayasan Puteri Indonesia (YPI), Mooryati Soedibyo, meninggal dunia pada Rabu (24/4/2024) dini hari. Mooryati merupakan ibu dari anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Putri Kuswisnuwardhani. 

Kabar duka ihwal meninggalnya Mooryati dikonfirmasi oleh Utusan Khusus Presiden Bidang Kerja Sama Pengentasan Kemiskinan dan Ketahanan Pangan, Muhamad Mardiono. 

Saat dikonfirmasi awak media di Jakarta, Rabu (24/4/2024), Mardiono menyatakan mendapat kabar dukacita langsung dari Putri Kuswisnuwardhani pada Rabu dini hari. 

"Berita duka itu saya terima dari Ibu Putri pada pukul 01.44 dini hari," kata Mardiono lewat pesan WhatsApp. 

Dalam kabar dukacita yang disampaikan Putri, dijelaskan bahwa Mooryati Soedibyo meninggal sekitar pukul 01.00 WIB dalam usia 96 tahun. Jenazah Mooryati disemayamkan di rumah duka, Jalan Mangunsarkoro Nomor 69, Menteng, Jakarta Pusat. 

Setelahnya, jenazah akan diberangkatkan ke pemakaman di Tapos, Bogor, dari rumah duka setelah zuhur. 

Selain aktif di bidang bisnis dan menjadi pakar kecantikan, Mooryati Soedibyo juga menjadi anggota MPR RI pada 2004-2009. Selain itu, perempuan yang masih kerabat Keraton Solo ini juga masuk daftar 99 Wanita Paling Berpengaruh di Indonesia 2007 versi majalah Globe Asia. 

Mooryati juga dijuluki sebagai "Empu Jamu Indonesia" atas keahliannya meracik jamu yang kemudian menjadi salah satu bidang usaha yang ditekuninya. Kemudian, Mooryati juga merupakan pendiri dari ajang kecantikan pemilihan Puteri Indonesia sejak 1992. 

#kpc/bin



 
Top