PADANG -- Salah satu partai papan atas tanah air yakni Partai Demokrat, membuka kesempatan bagi putra dan putri terbaik Sumatera Barat (Sumbar) untuk mengikuti suksesi kepemimpinan ibukota provinsi tersebut 5 tahun ke depan. 

Dalam hal ini, Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Demokrat Kota Padang membuka pendaftaran bagi para bakal calon (balon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Wawako) Padang yang bakal diusung, baik dari kalangan internal maupun eksternal Demokrat. 

Pendaftaran terbuka untuk umum, sepanjang sosok balon Wali Kota dan Wawako tersebut benar benar paham akan kebutuhan Kota Padang di segala sektor serta mampu memberikan kontribusi dan kinerja terbaik bagi daerah dan seluruh lapisan masyarakat yang kelak akan dipimpin.

Kabar baik ini disampaikan oleh ketua DPC Partai Demokrat Kota Padang Surya Jufri Bitel S, Sos kepada awak media di kantor DPC Partai Demokrat, jalan Bypass Kuranji, Kota Padang, Sabtu (20/4/2024). Sehubungan hal tersebut, Bitel didampingi Sekretaris DPC Mukhlis, SE dan sejumlah pengurus, berharap, partai besutan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY ini mampu menunjukkan taji dalam suksesi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), termasuk  di Kota Padang.

Secara prinsip, lanjut Bitel, Partai Demokrat dipastikan akan mengusung balon Wali Kota dan Wawako yang benar benar paham akan kebutuhan Kota Padang di berbagai sektor. Baik itu sektor sosial, ekonomi infrastruktur, budaya hingga agama. Sehingga, bisa membawa ibukota Provinsi Sumbar menjadi kota metropolitan dan religius.

“Kami memberi kesempatan kepada tokoh terbaik di Kota Padang untuk memberikan sumbangsihnya terhadap kota ini, agar lebih baik lagi,” ujarnya.

Salah seorang kader yang sudah 22 tahun mengabdikan dirinya kepada partai berlambang Bintang Mercy tersebut juga meminta kepada para kader Partai Demokrat di Padang untuk "all out" dalam Pilkada serentak 2024 mendatang. 

Ia menegaskan, Partai Demokrat tidak main main dalam mengusung calon kepala daerah (cakada). Terpenting, harus memiliki akuntabel, krideblitas dan integritas. "Itu, sudah menjadi ketentuan yang sudah tidak dapat ditawar tawar lagi, sesuai arahan dari Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Ketua Majelis Tinggi, SBY,” tegasnya.

Kembali ke Surya Jufri Bitel, pria yang juga masuk dalam radar berbagai lembaga survei selaku kader yang layak maju Pilkada Kota Padang itu menegaskan, pendaftaran balon Wali Kota dan Wawako Padang usungan DPC Partai Demokrat Kota Padang dibuka untuk umum. 

"Jadi bukan hanya untuk kader Partai Demokrat saja. Kalau ada dari luar internal atau eksternal yang mampu memberikan kontribusi untuk Kota Padang, kenapa tidak? Intinya, Partai Demokrat selalu cair dalam berpolitik, tidak kaku dan egois," paparnya.

Bitel juga minta Partai Demokrat siap memenangkan calon yang diusung, sekaligus siap bekerjasama dengan lintas parpol. 

"Kami terbuka untuk bekerjasama dengan parpol manapun sepanjang visi misi kita sama dan sejalan,” pungkas anggota DPRD Kota Padang 4 periode tersebut.

Terkait prasyarat pencalonan Wali Kota dan Wawako Padang, Bitel menekankan bahwa parpol harus memiliki minimal 9 kursi di DPRD Kota Padang. Kalau kurang dari 9 kursi, Parpol harus melakukan koalisi lintas Parpor agar persyaratan tersebut terpenuhi. "Alhamdulillah, kami, Partai Demokrat, memenuhi prasyarat tersebut," tandasnya.

#jtr/ede




 
Top