JAKARTA -- Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengaku telat terima undangan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk hadiri penetapan pasangan calon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming sebagai calon presiden dan wakil presiden terpilih periode 2024-2029 pada hari ini, Rabu (24/4/2024).

Ganjar mengaku sudah mengonfirmasi kepada timnya ihwal undangan tersebut pada Selasa (23/4/2024) malam. Namun, informasi dari tim belum ada undangan yang masuk.

Ia mengaku baru terima undangan tersebut tadi pagi, sementara mantan gubernur Jawa Tengah itu sedang berada di Yogyakarta. Oleh sebab itu, ia tidak sempat merapat ke Kantor KPU RI, Jakarta Pusat.

"Saya dikasih kabar [untuk hadiri penetapan Prabowo-Gibran] via WA baru jam 08.22 pagi ini," ungkap Ganjar menjawab konfirmasi awak media lewat pesan singkat, Rabu (24/4/2024).

Menurutnya, sebelumnya undangan dari KPU hanya untuk para ketua umum partai politik peserta Pemilu 2024. Oleh sebab itu, Ganjar tidak bersiap-siap ke Jakarta.

"Kalau posisi saya di Jakarta, saya hadir. Makanya sampai dengan tadi malam saya tanya [ke timnya], apakah ada undangan? Jawabnya tidak ada," katanya.

Sebelumnya, Komisioner KPU August Mellaz mengaku pihaknya mengundang semua pihak yang berkepentingan, termasuk Ganjar.

"KPU akan mengundang sejumlah pihak, mulai dari lembaga negara, pimpinan lembaga negara, kemudian pemerintah tentu yang terkait, yang relevan, kemudian parpol, ketua umum dan sekjen parpol, peserta Pemilu 2024, juga tiga pasangan paslon juga kami undang," jelas Mellaz di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Selasa (23/4/2024).

Meski Ganjar absen, namun ada satu elite partai politik pendukungnya yang hadir yaitu Plt Ketum PPP Muhamad Mardiono. Sementara itu, dari PDIP tidak terlihat penampakannya.

Sementara itu, pasangan calon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar tampak hadir dalam acara tersebut. Keduanya datang bersamaan dengan mobil masing-masing.

Anies terlihat mengenakan setelan formal, dengan jas hitam dan dalam kemeja putih. Sementara itu Muhaimin alias Cak Imin kenakan jas berwarna hijau tua dengan dalaman kemeja putih.

Dua elite partai politik pendukung paslon Anies-Muhaimin juga terlihat hadir: ada Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid dan Sekretaris Jenderal PKS Aboe Bakar.

#bsc/len





 
Top