JAKARTA -- Menyambut Hari Kartini pada 21 April, beberapa Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) perempuan melakukan sejumlah langkah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Terlebih lagi, perempuan Indonesia memberikan kontribusi besar bagi bangsa dan negara.

Pelaku UMKM perempuan di Indonesia terus naik setiap tahun. Kenaikan jumlah pelaku usaha wanita di Tokopedia pada 2023 meningkat rata-rata 1,5 kali lipat dibanding dengan tahun 2020 saat pandemi Covid-19.

"Jumlah perempuan pelaku usaha selama pandemi lebih meningkat 1,5 kali lipat, lebih meningkat dibanding laki-laki. Jumlah pasca pandemi serupa, jumlah perempuan lebih tingkat," kata Antonia Adega, Communications Senior Lead Tokopedia melalui acara virtual Konferensi Pers Tokopedia, Jumat (19/4/2024).

Antonio Adega menyebut wilayah apa saja yang mengalami kenaikan tertinggi jumlah perempuan pembeli di Tokopedia. Rata-rata kenaikan lebih dari 22 kali lipat.

"2023 pasca pandemi ini Tokopedia mencatat ada berbagai wilayah rata-rata kenaikan signifikan di Palembang, Surabaya, Makassar, Tangerang, Denpasar," lanjutnya.

Antonia Adega mengatakan 64% UMKM di Indonesia dikelola oleh perempuan. Ada sejumlah upaya dorongan partisipasi perempuan di sektor kewirausahaan. Selain itu, diperlukan juga edukasi perempuan pelaku UMKM.

"Ada yang namanya kelas perempuan maju digital, modul perempuan maju digital, beli lokal spesial hari Kartini," katanya.

"Tujuan edukasi perempuan pelaku UMKM berkembang. Modul ini secara offline berkala melalui modul perempuan digital bekerja sama dengan pemerintahan dan UMKM," lanjutnya.

#era/bin




 
Top