PADANG — Kendati sosoknya santer disebut-sebut bakal maju pada Pemilihan Gubernur Sumatera Barat (Pilgub Sumbar) 2024, namun Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Prof. Drs. H. Ganefri, M.Pd, P.hD tetap terkesan 'merendah' dengan menyatakan kesiapannya untuk itu masih prematur.

"Secara elektabilitas, saya tidak sama dengan politisi. Apalagi saya akademisi dan berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS)," ujar Ganefri di sela-sela kegiatan Silaturahmi Keluarga Besar UNP yang berlangsung di Auditorium UNP, Selasa (16/4/2024). 

Sebagai salah satu gambaran bahwa kesiapannya untuk maju Pilgub Sumbar bisa dikatakan masih prematur, menurut Ganefri hingga saat ini baru Partai Golkar yang memberi dorongan.  

"Sebenarnya berat juga, tapi kawan-kawan dari Golkar terus mendorong dan akan mengusulkan diri saya untuk maju di Pilgub Sumbar," ungkapnya.

Terkait kemungkinan DPD Partai Nasdem Sumbar juga akan mendorongnyauntuk maju di Pilgub Sumbar 2024, orang nomor 1 di UNP ini tidak bisa menjelaskannya secara detail.

"Pencalonan saya untuk maju di Pilgub Sumbar masih prematur. Kita lihat ke depannya. Bagaimanapun kita dukung siapa yang dicalonkan untuk maju dalam Pilgub Sumbar. Apalagi niatnya sama, membangun Sumbar," jelasnya.

Ketua DPW Nasdem Sumbar Fadly Amran yang turut hadir dalam kesempatan tersebut, mengakui bahwa Ganefri termasuk salah satu sosok yang dicari Nasdem untuk maju dalam Pilgub Sumbar.

"Nasdem partai yang terbuka dan tanpa mahar. Kita mencari kader-kader terbaik yang akan diusung dalam Pilgub Sumbar. Selain Rektor UNP, kita masih membuka pintu seluas-luasnya bagi kader terbaik lainnya," tambahnya.

Saat disinggung apakah Nasdem akan memasangkan dirinya dengan Ganefri, atau maju di Pilwako Padang,  Fadly Amran menjelaskan dirinya siap untuk maju di Pilkada.

"Saya siap untuk maju di Pilkada. Kita lihat ke depannya (apakah Pilwako atau Pilgub), yang jelas kita siap maju di Pilkada," tutup Fadly Amran sembari tersenyum simpul, tetap dengan jawaban yang samar-samar.

#hef/ede





 
Top