PADANG -- Aktivitas libur lebaran di Kota Padang terpantau mengalami peningkatan pada hari kedua. Sehingga, peningkatan volume sampah diperkirakan naik sekitar 5 hingga 10 persen.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang, Fadelan Fitra Masta di Padang, Kamis (11/4/2024).

“Jika dilihat dari tren sebelumnya atau pada tahun sebelumnya, volume sampah di Kota Padang memang naik kisaran 5 hingga 10 persen pada saat libur lebaran dibanding hari biasanya. Untuk tahun ini diperkirakan sama, namun data pastinya sedang kita himpun,” ujar Fadel.

Ia menjelaskan, tiga hari sebelum lebaran, volume angkutan naik menjadi rata-rata 935 ton per hari. Penyebab salah satunya adalah warga yang beberes rumah menjelang lebaran.

“Warga yang beres-beres banyak yang membuang barang-barang yang tidak terpakai,” ucapnya.

Dengan demikian, Fadel menyebutkan telah menyiapkan tambahan kapasitas kerja pengelolaan sampah dengan menambah jumlah ritase pengangkutan sampah. Misalnya pada hari biasa empat sampai lima kali pengangkutan, menjadi tujuh sampai delapan kali pengangkutan.

“Untuk personil petugas kebersihan tidak ditambah, namun waktu penugasan yang ditambah tergantung lokasi dan peningkatan volume sampahnya. Namun, di tempat wisata akan terus kami pantau,” pungkasnya. 

#hln/bin




 
Top