PALEMBANG - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni melantik delapan pejabat eselon II di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel. 

"Apapun yang terjadi hari ini dan sebelumnya atas ketentuan Allah,  dilantik hari ini juga atas ijin Allah," kata Fatoni, saat Pelantikan Pengambilan Sumpah Jabatan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemperov Sumsel di Griya Agung, Jumat (5/4/2024).

Menurutnya, untuk pelantikan mutasi dan promosi harus dilakukan setiap saat untuk penyegaran organisasi.

Kalau ada yang bilang mutasi, promosi dan pelantikan hal yang biasa saja. Namun tidak bagi Fatoni.

BACA JUGA: Ssstt!!! Anda Kepala Daerah dan Mutasi Pejabat Setelah Tanggal 22 Maret 2024? Siap-siap Kena Sanksi!

"Bagi saya mutasi, promosi dan pelantikan bukan suatu hal yang biasa, tapi untuk meningkatkan kinerja. Jadi semua harus tahu apa yang harus dilakukan di posisi dan jabatannya," katanya.

Ia pun berpesan, yang baru dilantik segera bekerja di posisi masing-masing. Sebagai rasa syukur jalankan tugas sebaik-baiknya. Tidak semua posisi seperti yang diinginkan. 

"Harus aktif dan proaktif, mana yang harus dilakukan lakukan saja tidak harus menunggu arahan. Kecuali kebijakan strategi yang mengharuskan persetujuan saya. Jadi jangan nunggu," katanya.

Maka, lakukanlah inovasi sesuatu yang baru. Pikirkan kira-kira apa yang bisa dilakukan. Bekerjalah dengan cara tidak biasa, sehingga hasilnya bisa maksimal. 

Fatoni menambahkan, seleksi eselon II dilakukan seobyektif mungkin, setransparan mungkin mulai dari administrasi, asesmen yang dilakukan oleh lembaga yang kredibel, sehingga hasilnya langsung diumumkan selesai tes.

Lalu tes makalah, dilakukan penilaian tim pansel, terakhir wawancara. 

"Saya sebagai pembina kepegawaian menerima tiga besar hasil seleksi dan saya tentukan. Namun saya berpikir secara objektif, yang dilantik hasil dari posisi nomor satu.Jadi saya setuju dengan pansel nomor satu yang dipilih, terbuka, transparan dan objektif," ungkapnya.

Berikut delapan nama eselon II yang baru dilantik hari ini:

1. Kurniawan, yang sebelumnya asisten administrasi dan umum sekretariat daerah Provinsi Sumsel kini menjadi Kepala Inspektur Daerah Provinsi Sumsel.

2. Zulkarnain, yang sebelumnya Kepala Inspektur Daerah Provinsi Sumsel, kini menjadi asisten administrasi dan umum sekretariat daerah Provinsi Sumsel.

3. Kurniawan Abadi, yang sebelumnya Kepala UPTD Industri Pangan dan Tekstil Dinas Perindustrian Provinsi Sumsel, kini menjadi Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM Pemerintah Provinsi Sumsel.

BACA JUGA: Gubernur Lantik 41 Kepala SMA dan SMK se-Sumbar, Cek Nama-namanya di Sini...

4. Deva Octavianus, yang sebelumnya Kepala Bidang Pengaduan Kebijakan dan Pelaporan Layanan Pada Dinas Penanaman Modal dan PTSP Provinsi Sumsel, kini menjadi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumsel.

5. Herdi Apriansyah, yang sebelumnya Sekertaris Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Provinsi Sumsel, kini menjadi Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Provinsi Sumsel.

6. Novian Aswardani, yang sebelumnya  Sekertaris Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Provinsi Sumsel, kini menjadi Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Provinsi Sumsel.

7. Deliar Rizqon, yang sebelumnya Kepala Bidang Pembinaan Pengawasan Norma Ketenagakerjaan pada Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Sumsel, menjadi Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Sumsel.

8. Tony Kurniawan, yang sebelumnya Kepala Bagian Administrasi dan Dokumen pada Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Sumsel, menjadi Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Sumsel.

#spk/bin



 
Top