PADANGPARIAMAN, SUMBAR -- Dinilai memberi dampak positif pelebaran bahu jalan di sekitar perlintasan kereta api bandara di kawasan Kasang, Kecamatan Batang Anai, Padang Pariaman, menuai pujian dari masyarakat. 

Dampak positif kegiatan yang terlaksana atas dorongan anggota DPR RI asal Sumbar Andre Rosiade itu tak hanya bagi pengguna jalan raya, namun juga bagi warga sekitar.

Dengan terlaksananya kegiatan perbaikan dan pelebaran bahu jalan tersebut, berarti Andre Rosiade telah memenuhi janjinya untuk memastikan jalur Padang-Bukittinggi itu bisa lebih lancar dan tidak macet parah. 

Diketahui, sebelumnya jalur itu menjadi momok menakutkan pengendara, karena menyempit, sedikit mendaki dan relnya juga rusak parah.

Bagi pengendara, perbaikan dan pelebaran jalan ini dinilai mampu mengantisipasi kemacetan panjang yang sempat mendera kawasan itu selama ini. Bahkan, tak jarang akibat kemacetan sering terjadi pertengkaran hingga mempertontonkan adegan kontak fisik antar sesama pengendara yang berebut saling mendahului. Dengan pelebaran jalan ini, ancaman macet total saat Lebaran juga dapat diatasi.

Andre Rosiade berterima kasih atas respon cepat PT KAI, utamanya Divre Sumbar terkait hal ini. Ia berharap pengerjaan dapat dituntaskan segera, jelang arus lalu lintas Lebaran.

"Banyak yang menginfokan kepada kami soal pengerjaan yang hampir tuntas. Semoga bisa membantu kelancaran lalu lintas Lebaran, jelang dibuat lebih permanen dengan beton cetak beberapa bulan ke depan," tutur Andre Rosiade dalam keterangan tertulisnya, dikutip Rabu (3/4/2024).

Andre mengatakan, sebagai wakil rakyat dia akan selalu memberikan apa yang dibutuhkan masyarakat. Apalagi keluhan terhadap kemacetan di Kasang ini sudah berlarut-larut.

"Sebagai kader Gerindra, partainya pak Prabowo kami tak mau omon-omon. Kami ingin terus bekerja nyata untuk membantu masyarakat Sumbar," kata Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar ini.

Sementara itu, Quality Control (QC) Operaisonal KAI Divre Sumbar Andrizal mengatakan pekerjaan terus dikebut dan diharapkan akan selesai dalam beberapa hari ke depan.

"Kita terus kerjakan sejak diminta pak Andre Rosiade beberapa waktu lalu. Targetnya bisa mengurangi kemacetan arus Lebaran Idul Fitri beberapa hari ke depan. Mudah-mudahan klir (selesai) segera," tegasnya.

Bagi warga sekitar, pelebaran jalan makin mempercantik lingkungan tempat tinggal mereka. Dengan adanya lingkungan yang nyaman dan asri, diyakini mampu meningkatkan perekonomian masyarakat ke depannya.

Pemandangan macet yang terjadi selama ini, berdampak pada lesunya perekonomian masyarakat, terutama bagi mereka yang berjualan di pinggir jalan. Dengan pelebaran jalan ini, perekonomian masyarakat sekitar bisa lebih baik.

Warga sekitar berterimakasih kepada Andre Rosiade, berkat perjuangannya jalan bisa diperlebar. "Kami berharap ini bisa memperbaiki ekonomi kami juga," ungkap sejumlah warga hampir senada.

Para pengendara juga mengungkapkan rasa syukur atas adanya pelebaran jalan ini, sehingga daerah sekitar perlintasan kereta api bandara yang sebelumnya macet parah, kini mulai berkurang.

Warga setempat juga menitip harapan kepada Andre Rosiade untuk bisa menyampaikan keluhan warga sekitar kepada PT KAI. Ini terkait dengan kebanjiran yang sering melanda rumahnya sejak dibangunnya perlintasan kereta api bandara. Banjir tersebut dipicu kecilnya polongan saluran air yang berada di dekat perlintasan kereta api.

"Kami atas nama warga sekitar perlintasan kereta api bandara Kasang, juga berharap agar pak Andre juga bisa menyampaikan keluhan kami ini kepada PT KAI. Terkait kebanjiran yang kami hadapi setiap musim hujan tiba ini," tutur Afrizal (59).

#dtc/ede




 
Top