SIJUNJUNG, SUMBAR -- Bupati Sijunjung Benny Dwifa mengakui pers punya kontribusi besar dalam memajukan kabupaten yang ia pimpin bersama wakilnya H. I
raddatillah. Sijunjung tidak akan dikenal luas  tanpa adanya kerja keras dari para wartawan melalui tulisan-tulisan atau pemberitaan seputar kegiatan pemerintah dalam penuntasan pembangunan. 

Hal tersebut diungkapkan bupati dalam kesempatan berbuka puasa bersama insan pers "Ranah Lansek Manih" di kediaman resminya, Selasa (26/4/2022) malam. 

Bahkan menurutnya, momen silaturahmi seperti berbuka bersama ini kalau bisa sesering mungkin bisa dilakukan guna menjalin komunikasi yang lebih baik lagi. Namun, padatnya jadwal kegiatan ditambah lagi banyaknya kunjungan dari provinsi membuat momen - momen seperti ini jadi tertunda.

"Mudah - mudahan ini menjadi semangat kebersamaan yang sebetulnya," ujarnya optimis. 

Ia juga menyatakan bahwa Pemkab Sijunjung akan terus berbenah. Kendati diakuinya masih ada beberapa kelemahan  dari pemerintah, namun secara bertahap pihaknya akan memperbaiki.

"Baik buruknya Sijunjung ada pada tulisan wartawan, sepanjang berimbang dan bisa dipertanggungjawabkan kebenaran dari informasi yang diberitakan," ujarnya. 

Bupati menekankan hal tersebut khususnya kepada media pemberitaan resmi berbadan hukum, yang produknya bisa dimintai pertanggungjawaban. Baik cetak, elektronik maupun media online. Berbanding terbalik dengan postingan informasi di media sosial seperti facebook (FB) dan lainnya, siapa dan pihak mana saja bisa memposting tanpa saringan. Bahkan banyak yang memakai akun palsu, memanfaatkan medsos untuk menebar opini sesuka hati, menebar informasi tendensius, melakukan pembunuhan karakter, menebar hoaks dan banyak lagi lainnya menjurus ke negatif.

Dengan adanya momen sambung rasa dan saling berdiskusi seperti berbuka bersama insan pers ini, Bupati Benny berharap ke depan akan ada kolaborasi yang lebih baik lagi dalam menyampaikan informasi. Ia mengulangi, peran wartawan sangat penting untuk penyebarluasan informasi seputar apa yang telah dilakukan pemerintah. Sebaliknya, pemerintah daerah tidak akan bisa berjalan sendiri tanpa dukungan dari semua pihak, termasuk wartawan. Dengan kolaborasi yang baik insya Allah semua akan berjalan sukses nantinya.

"Di satu sisi kita sudah bekerja semaksimal mungkin, namun masih saja ada sekelompok masyarakat yang melulu memberikan penilaian dari sisi negatif melalui FB. Padahal rata-rata hanya merupakan opini dari si pemilik akun FB. Begitu familiar nya FB di Sijunjung. Nah, dalam hal ini media pemberitaan resmi (berbadan hukum-red) pegang peranan menjernihkan informasi melalui pemberitaan objektif dan berimbang sesuai kaidah jurnalistik ," paparnya. 

Mengakhiri sambutannya, Bupati Sijunjung kembali mengajak segenap insan pers untuk bersama-sama mensukseskan program pembangunan di Ranah Lansek Manih.

Buka bersama ini juga diikuti Ketua TP PKK Sijunjung, Ny. Riri Benny Dwifa, Plt. Kadis Kominfo, Puji Basuki, Kakan kesbangpol, David Rinaldo, Plt. Kabag Umum, Mulyadi Hendri, Kabag Prokopim, Aprizal dan Kabag Kesra, Admiriska 

#rel/red





 
Top