JAKARTA -- Publik ramai memperbincangkan tarif tiket pesawat yang begitu tinggi untuk rute Jakarta - Banda Aceh di masa libur lebaran ini. Harga tiket pesawat satu kali jalan bisa mencapai Rp 9,6 juta. Padahal biasanya, tarif tiket pesawat dari Jakarta ke Aceh sekitar Rp 1,2 juta sampai Rp 3 jutaan.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro menjelaskan ihwal harga tiket pesawat yang dianggap kelewat tinggi tersebut. Menurutnya, tarif tiket tersebut merupakan akumulasi dari perjalanan transit dan transfer atau singgah dan ganti pesawat menggunakan maskapai lain melalui Bandara Internasional Kualanamu.

"Pemberlakuan tarif masih sesuai dengan koridor ketentuan yang berlaku," kata Danang dalam keterangan tertulis, Jumat (29/4/2022).

Ia mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama masa liburan lebaran 2022, Batik Air -maskapai anggota Lion Air Group, mengoperasikan penerbangan reguler dan menambah penerbangan atau extra flight non-stop (tanpa henti) Jakarta ke Banda Aceh. Namun demikian, Danang melanjutkan, semua kursi penerbangan dimaksud sudah habis.

"Maka, sistem memberikan alternatif kepada calon penumpang untuk sampai di Banda Aceh dengan transit dan transfer atau singgah dan ganti pesawat menggunakan maskapai lain melalui Bandara Internasional Kualanamu," katanya. Dari Bandara Soekarno - Hatta lalu transit di Bandara Kualanamu naik pesawat Batik Air. Setelah itu, penumpang akan transfer atau berganti pesawat Wings Air dari Bandara Kualanamu ke Bandara Sultan Iskandar Muda Aceh Besar.

Berikut tarif tiket untuk rute Jakarta - Banda Aceh, baik penerbangan langsung maupun transit dan transfer:

# Jakarta - Banda Aceh

Maskapai Batik Air

Kelas Ekonomi: Rp 1.203.400 - Rp 2.810.700

Kelas Bisnis: Rp 3.305.700 - Rp 10.230.000

# Jakarta - Kualanamu

Maskapai Batik Air

Kelas Ekonomi: Rp 989.100 - Rp 2.301.700

Kelas Bisnis: Rp 2.686.300 - Rp 8.278.000

# Kualanamu - Banda Aceh

Maskapai Wings Air

Kelas Ekonomi: Rp 947.500 - Rp 2.034.200

Danang mengimbau calon penumpang memperhatikan kombinasi (multiple flight dan multiple airport) layanan penerbangan dari maskalau sendiri atau bersama maskapai lain saat memesan tiket. 

"Jika harga tiket kelas ekonomi habis terjual dan masih tersedia kelas bisnis, maka akan terjadi kombinasi harga kelas bisnis dengan kelas ekonomi maskapai lain," katanya.

Kondisi ini, menurutnya, otomatis memunculkan harga jual total tiket dari keseluruhan perjalanan, termasuk yang transit dan transfer. 

"Kami berharap calon penumpang menyiapkan rencana perjalanan lebih awal, bijaksana, teliti, dan memahami informasi ketika membeli tiket pesawat, terutama saat musim ramai, termasuk periode libur lebaran," ucap Danang.

#tpc/bin





 
Top