JAKARTA -- Menyadari pentingnya digitalisasi pendidikan di tengah persaingan global yang makin terbuka, Universitas Andalas (Unand) melakukan pendatanganan nota kesepahaman bidang pengembangan dan penguatan kelembagaan dengan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (PT. Telkom-red) 

Penandatangan MoU oleh Rektor Unand Prof. Yuliandri dan Direktur Enterprise & Business Service Edi Witjara dilaksanakan di Jakarta, Selasa (26/4/2022), disaksikan langsung oleh Sakti Wahyu Trenggono selalu Ketua Majelis Wali Amanat Unand dan Ririek Aldriansyah selaku Direktur Utama (Dirut) PT. Telkom. 

Ririek Adriansyah mengatakan bahwa digitalisasi adalah solusi untuk pendidikan masa depan, dimana saat ini penetrasi pendidikan dirasakan masih rendah. 

"Digitalisasi yang akan dilakukan di Unand diharapkan tidak hanya memberikan manfaat bagi PT. Telkom dan Unand, tetapi juga bagi bangsa dan negara, di tengah persaingan global yang makin terbuka," ujar sang dirut.  

Rektor Unand Prof. Yuliandri mengatakan MoU ini akan mempercepat transformasi Unand pasca ditetapkan menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH).

“Dengan MoU ini kita percaya akan membuat Unand menjadi semakin baik, berdaya saing dan bermanfaat untuk memberikan layanan pendidikan dan tri dharma perguruan tinggi berbasis implementasi teknologi informasi yang handal, real time, secure, terbuka dan hijau. Nantinya akan menjadi penggerak utama transformasi dan kemajuan digitalisasi Unand untuk beradaptasi dengan perubahan global yang masih terus terjadi secara masif,” paparnya.

Pada sambutan kunci penandatangan nota kesepahaman ini, Ketua Majelis Wali Amanat Unand Wahyu Sakti Trenggono yang menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan sangat mengapresiasi kinerja civitas akademika Unand sampai pada dilakukannya penandatanganan nota kesepahaman dengan PT. Telkom.

“Unand salah satu kampus cerdas dalam menyambut transformasi digital melalui digitalisasi kampus yang mampu menciptakan kesejahteraan sosial bagi lingkungan sekitarnya. Perkembangan teknologi dan inovasi digital yang pesat menjadikan mahasiswa tidak bisa lepas dari penggunaan inovasi digital, baik untuk kehidupan sehari-hari maupun pada kegiatan kampus,” ungkap Wahyu

Melalui program-program SmartCampus, diharapkan Unand menjadi pelopor yang membangun lingkungan smart, cerdas, menggunakan teknologi untuk kepentingan masyarakat, bangsa dan negara.

“Kita berharap melalui kerja sama ini, akan lahir talenta dan inovator – inovator baru di Indonesia yang dihasilkan oleh Unand,” harapnya

Turut mendampingi Rektor Unand Ir. Insannul Kamil, Wakil Rektor Bidang SDM dan Teknologi Informasi, Direksi PT. Telkom dan serta para anggota Majelis Wali Amanat Unand, Arcandra Tahar, Suhardi Alius, Werry Darta Taifur, Febrin Anas Ismail dan Rustian.

#ede





 

 
Top