MEDAN -- Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi menyiapkan sejumlah langkah untuk menumpas habis ikan predator di Danau Toba. Seperti apa rencananya?

Keberadaan ikan predator, yang dijuluki ikan iblis merah, tersebut sudah sangat meresahkan warga di sana. Sebab, ikan itu memangsa ikan asli Danau Toba, salah satunya ikan mas.

Gubernur Edy mengatakan sedang berkoordinasi dengan Bupati Toba Poltak Sitorus untuk melakukan pembasmian ini.

"Iya di Toba, ini yang sedang kita koordinasikan dengan Bupati Toba, Sitorus. Dia akan memberitahukan pengetahuannnya untuk membasmi," kata Edy di Medan.

Ikan dengan nama Latin Cichlasoma labiatum itu akan dimusnahkan karena menjadi predator di Danau Toba. Ikan ini memakan bibit dan telur ikan yang ada.

Sejak kehadiran ikan itu, warga di sana makin kesulitan mendapat ikan. Sementara ikan iblis merah ini dinilai warga tak layak dikonsumsi. "Karena dia makan bibit ikan, makan telor ikan," ujarnya.

Edy menambahkan pertemuannya dengan Bupati Toba akan dilakukan setelah hari raya idul fitri. Langkah-langkah untuk memusnahkan ikan iblis merah itu akan dibahas dalam pertemuan itu.

"Nanti habis Lebaran kita mau duduk, dan kita siapkan bagaimana memusnahkan ini," katanya.

#dtc/pul




 
Top