PADANG – Universitas Islam Negeri Imam Bonjol (UIN IB) Padang menetapkan jadwal wisuda ke-87 pada 27-28 April 2022 bertepatan H-5 lebaran 1443 Hijriah.

Mendapati keputusan pimpinan kampus terkait pelaksanaan wisuda pada H-5 lebaran itu, sejumlah mahasiswa menilai jadwal tersebut memberatkan, karena dilaksanakan menjelang lebaran.

Di salah satu WhatsApp (WA) grup, para mahasiswa yang akan diwisuda mengeluh. Menurut mereka, pelaksanaan wisuda H-5 lebaran itu tidak tepat, karena tidak semua calon wisudawan/wati berada di Kota Padang.

Rata-rata, keluhan itu disampaikan calon wisudawan/wati yang berasal dari luar Sumbar. “Mahasiswa UIN IB tidak hanya dari Sumbar. Belum lagi arus mudik lebaran dan mahalnya harga tiket. Baiknya wisuda diundur sampai pertengahan Mei,” ujar salah seorang mahasiswa.

Menanggapi keresahan para calon wisudawan/wati tersebut, Wakil Rektor I Bidang Akademik UIN IB, Yasrul Huda, menjawab konfirmasi awak media,  menegaskan, keputusan pelaksanaan wisuda menjelang lebaran itu berdasarkan rapat pimpinan kampus yang digelar pada Selasa (12/4/2022).

Menurut Yasrul, jadwal wisuda ke-87 itu sudah sesuai dengan kalender akademik tahun ajaran 2021/2022. Alasan lainnya, wisuda di bulan ramadan akan lebih berkah bagi para calon wisudawan/wati.

“Bulan Ramadan ini lebih baik dari 1000 bulan,” ujar Yasrul.

Ia menambahkan, penetapan jadwal wisuda itu juga telah menimbang akan berakhirnya masa akreditasi salah satu jurusan di Fakultas Tarbiyah pada Mei 2022. “Akreditasi prodi Tadris Matematikan akan berakhir pada 5 Mei, jadi menimbang itu, maka dilaksanakanlah tanggal 27-28 ini,” ucapnya.

Dikatakan Yasrul, bagi mahasiswa yang merasa keberatan dengan kebijakan itu, tak perlu ambil pusing. “Mahasiswa yang tidak bisa kan masih ada wisuda ke-88 di Bulan November?,” jelasnya.

Wisuda ke-87 ini, kata Yasrul, bakal diikuti oleh 1.485 mahasiswa dan digelar secara tatap muka di Auditorium Prof. Mahmud Yunus UIN IB Padang.

#lgm/red




 
Top