PARIAMAN, SUMBAR -- Guna menyambut wisatawan yang berkunjung ke Kota Pariaman selama libur lebaran, Pemerintah Kota (Pemko) setempat menjadwalkan pelaksanaan Festival Pantai selama 13 hari tepatnya pada periode 3 - 15 Mei 2022.

"Kami ingin perantau yang diprediksi pulang ke Sumbar sekitar 1,8 juta itu mengunjungi Kota Pariaman pada libur lebaran tahun ini," ungkap Wali Kota Pariaman Genius Umar di Pariaman, Kamis (28/4/2022).

Oleh karena itu, ujarnya, dalam pelaksanaannya tidak saja dilakukan oleh jajaran Pemko Pariaman saja namun juga seluruh kepala desa, lurah kepolisian, TNI serta pemangku kepentingan di daerah itu. Tujuannya agar wisatawan dapat mengisi liburannya di Pariaman yang berjuluk "Kota Tabuik" dengan aman dan nyaman.

"Kami tidak libur selama 15 hari itu khusus melayani wisatawan," katanya.

Bahkan, ia meminta wisatawan melaporkan kepada pihaknya jika mendapatkan perlakuan tidak mengenakkan dari oknum yang ada di daerah itu agar kejadian serupa tidak terjadi kembali. 

Ia menyebutkan ada sejumlah objek wisata yang dapat dikunjungi wisatawan di Kota Pariaman pada libur lebaran tahun ini yaitu Pantai Sunue, Binasi, Kata, Gandoriah, Cermin, Apar Taman Anas Malik, Talao Pauh, dan Pulau Angso Duo.

Wali Kota Pariaman juga meminta agar pedagang dan wisatawan yang berkunjung ke daerah menerapkan protokol kesehatan guna mengantisipasi adanya kasus COVID-19.

Sebelumnya, Gubernur Sumbar, Mahyeldi memprediksi akan ada 1,8 juta perantau asal daerah itu mudik ke kampung halaman pada momen Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah. Mahyeldi minta jajarannya berkomunikasi dengan seluruh 19 kabupaten dan kota di Sumbar agar bersama-sama menyambut pemudik yang akan pulang kampung.

Ia mengemukakan bahwa selama pulang kampung akan banyak perantau berwisata ke banyak tempat di Sumbar sehingga diperlukan persiapan agar perantau itu merasa nyaman dan aman ketika berwisata di provinsi itu.

#ant/nov





 
Top