BUKITTINGGI, SUMBAR -- Banjir lahar dingin Gunung Marapi pada Jumat (5/4/2024) sore, menerjang wilayah dua kabupaten di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Tanah Datar dan Agam.  Akses jalan lintas Bukittinggi-Padang putus total.

Putusnya akses jalan karena derasnya aliran air berwarna hitam pekat dari Gunung Marapi. Kondisi itu terpantau di kawasan Aie Angek Kabupaten Tanah Datar serta di Bukit Batabuah, Canduang dan Sungai Puar Kabupaten Agam.

Kesaksian sejumlah warga Bukit Batabuah, aliran air yang membesar berlangsung sebanyak dua kali. Pertama sekitar pukul 15.00 WIB dan yang kedua satu jam setelahnya. Aliran kedua mengeluarkan suara gemuruh.

Aliran lahar dingin merusak sawah dan pekarangan warga serta memutus akses jalan hingga beberapa kendaraan ikut terjebak.

Di Bukit Batabuah, personel kepolisian bersama TNI dan BPBD serta warga setempat berusaha membersihkan sisa material banjir yang hanyut hingga menutup aliran air di bawah jembatan.

"Sempat ada pengendara sepeda motor yang terseret namun telah bisa diselamatkan dan dievakuasi, kami masih melakukan evakuasi dan pembersihan," kata Kapolresta Bukittinggi, Kombespol Yessi Kurniati.

Pihaknya juga berkoordinasi dengan BPBD dan pihak lainnya untuk segera membuka akses jalan.

Sambil menunggu bantuan alat berat, pembersihan material banjir yang menyumbat di jembatan terus dilakukan. Untuk itu warga diminta tetap waspada.  

#bin





 
Top