LABUHANBATU, SUMUT -- Bupati Labuhanbatu Erik Adtrada Ritonga melalui Asisten lll Zaid Harahap didampingi Kadis Pertanian Agus Salim Ritonga resmi melepas 53 orang kontingen menuju Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (Penas KTNA) ke-16 yang akan diselenggarakan di Kota Padang Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) 10-15 Juni 2023.

Kontingen Labuhanbatu diberangkatkan dari kantor Dinas Pertanian Kabupaten Labuhanbatu jalan WR Soepratman, Kamis (8/6/2023). 

Penas KTNA merupakan Forum pertemuan para kontak tani nelayan sebagai media konsolidasi, komunikasi dan saling berbagi informasi kontak tani selaku pelaku utama dengan pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan atau pelaku usaha

Mewakili bupati, Asisten III Zaid Harahap berterima kasih kepada kepala Dinas Pertanian beserta jajaran yang telah mempersiapkan dengan baik para kontingen yang akan berangkat menuju iven nasional di Padang, yang sedianya juga dihadir Presiden Republik Indonesia Ir. H. Jokowi Widodo. 

"Pelaksanaan Penas KTNA adalah untuk meningkatkan motivasi dan kegairahan petani-nelayan dan masyarakat. Secara khusus kegiatan ini hendaknya mempunyai tujuan meningkatkan kepemimpinan dan kemandirian KTNA, untuk menguatkan kelembagaan juga meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, meningkatkan jiwa wirausaha dan kesadaran lingkungan ” papar Zaid

Kadis Pertanian Agus Salim Ritonga menyampaikan harapan agar para kontingen dapat menjaga nama baik kabupaten Labuhanbatu serta bisa membawa pulang berbagai hal positif yang nantinya dapat bermanfaat dan menjadi inovasi bagi para peserta di masa yang akan datang

"Untuk itu saya meminta kepada seluruh peserta yang akan mengikuti kegiatan tersebut, agar bersungguh-sungguh dalam mengikuti seluruh rangakaian kegiatan, sehingga apa yang diperoleh pada kegiatan itu baik pengetahuan maupun keterampilan, termasuk akses kerjasama bisnis, dapat meningkatkan percepatan pembangunan pertanian di kabupaten Labuhanbatu yang kita cintai, yang pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan petani dan nelayan," paparnya. 

Ketua KTNA Labuhanbatu Abdul Karim Hasibuan pada kesempatan itu menyampaikan bahwa dari Labuhanbatu berangkat para petani dan nelayan andalan yang punya kelebihan dari petani lainnya, dalam hal ini mereka yang punya kemampuan dalam menggunakan teknologi dan pengolahaan pupuk dan bercocok tanam.

”Disamping itu masing-masingnya diharapkan membangun silahturahim dengan seluruh petani dan nelayan yang hadir di Penas KTNA Padang. Dengan demikian, dapat meningkatkan pengetahuan tentang pertanian dan nelayan menuju hidup lebih sejahtera," ungkapnya. 

Ia menambahkan, daerah sangat mengharapkan para kontingen untuk dapat menimba ilmu sebanyak-banyaknya, serta bersinergi dengan utusan dari kabupaten lain, untuk mengembangkan jaringan informasi, jaringan persahabatan dan kemitraan demi membangun kabupaten Labuhanbatu ini sejahtera dalam pertanian dan nelayan.” pungkasnya

Turut hadir dalam acara ini, anggota DPRD Labuhanbaru Abdul Karim Hasibuan dan Fauzi.

#l4c/ede

 



 
Top