PADANG -- Setelah sempat kabur setelah mobil yang ia kemudikan menabrak seorang bocah usia 9 tahun hingga tewas, akhirnya oknum anggota DPRD Kabupaten Pariaman, Januar Bakri, berhasil diamankan pihak kepolisian. 

Informasi yang dihimpun www.sumatrazone.co.id, menyebutkan, Januar diciduk di kediamannya di Komplek Palapa, Kabupaten Padang Pariaman pada Kamis (5/10/2023). Petugas sekaligus mengamankan mobil Toyota Avanza yang ia kemudikan pada saat kejadian. Mobil itu sendiri merupakan mobil rental.

“Kami amankan dan bawa ke kantor. Diakuinya perbuatannya (tabrak korban). Memang yang bersangkutan yang mengemudi. Status diduga tersangka, tapi kami gelarkan perkara dulu,” ujar Kepala Unit Penegakan Hukum (Kanit Gakkum) Satlantas Polres Padang Pariaman, Ipda Novrialdi kepada awak media, Jumat (6/10/2023).

Diketahui peristiwa tabrak lari menewaskan bocah 9 tahun berinisial  "BS" itu terjadi pada Selasa (3/10/2023) malam sekira pukul 21.00 WIB di Korong Paguah Duku, Nagari Kurai Taji, Kecamatan Nan Sabaris, Padang Pariaman.

Tidak hanya kabur, ungkap Ipda Novrialdi, Januar sempat berdalih bahwa mobil tersebut dibawa oleh anaknya. Saat ditangkap, Januar mengaku, pasca-kejadian itu ia kabur sampai ke daerah Malalak, Agam. Saat itulah ia menyuruh anaknya mengemudi mobil tersebut, sedangkan ia mengendarai sepeda motor yang dibawa anaknya.

"Terungkapnya dari nopol kendaraan Toyota Avanza yang tertinggal di lokasi kejadian. Sehari setelah kejadian itu, kami lacak di Samsat. Didapat identitas kendaraan," papar Ipda Novrialdi.

Dari hasil pelacakan di Samsat diketahui jika kendaraan yang digunakan oleh Januar Bakri merupakan kendaraan rental. Dari hasil koordinasi dengan pemilik (pihak rental) itulah diketahui jika kendaraan itu baru saja dipindahkan alias dirental ke Januar Bakri. 

Ipda Novrialdi bilang, usai mendapati keterangan dari pihak rental, pihaknya melakukan pelacakan keberadaan kendaraan hingga akhirnya ditemukan berada di kediaman Januar Bakri di kawasan Palapa, Kabupaten Padang Pariaman. Selanjutnya, kendaraan beserta Januar Bakri dibawa ke Polres untuk proses pemeriksaan lebih lanjut.

#kpc/ede







 
Top