ALUMNI Gathering merupakan kegiatan untuk membangun komunikasi efektif dengan alumni yang merupakan aset bagi almamater. 

Kiprah alumni di dunia kerja merupakan elemen yang menentukan tingkat keberhasilan program studi (prodi) dalam menghasilkan lulusan. 

Kiprah alumni juga merupakan barometer yang dapat meningkatkan pemeringkatan Universitas Sumatera Utara (USU) di level nasional maupun internasional. 

BACA JUGA: Sumut Terancam Bencana Hidrometeorologi, Masyarakat Agar Tingkatkan Kewaspadaan!

Demikian disampaikan Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) USU Prof. Dr. Ida Yustina dalam acara bertajuk "Alumni Gathering Employer Reputation Tracker" di Savero Hotel, Depok, Jawa Barat (Jabar), Sabtu (11/11/2023) malam. 

Guna membangun jembatan yang lebih kuat antara almamater, USU dan para alumni yang telah berkontribusi luar biasa besar di sektor pemerintahan maupun swasta, maka pada kesempatan itu civitas akademika Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) USU menganugerahkan "Alumni Award FKM USU 2023" kepada tiga orang alumni terbaik mereka.


Tiga alumni terbaik FKM USU tersebut adalah Benjamin Saut Parulian Simanjuntak, SKM, MM (Stambuk 1988) yang saat ini menjabat Deputi Direksi Bidang Aktuaria, PT. ASKES (Persero), 
Nagiot Cansalony Tambunan, SKM, M.PKP (Stambuk 1993) / Analis Kebijakan Ahli Madya BKPK Kemenkes RI serta Lahmuddin Siregar, SKM, S.IP, M.IP, MKM / mantan Ketua Umum IKA FKM USU yang saat ini menjabat Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) sekaligus Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perhubungan (Plt.Kadishub) Kabupaten Kepulauan Mentawai.
KEPINGIN Bergabung Jadi Biro Perwakilan Sumatrazone? Buruan Hubungi Kami via WA: +6283181675398! Syarat Ringan, QUOTA TERBATAS!

"Alhamdulillah, malam ini saya menerima penghargaan Alumni Award FKM USU 2023" bersama dua senior," ungkap Lahmuddin Siregar selepas penyerahan alumni award oleh Dekan FKM USU Prof. Dr. Ida Yustina bersama Wakil Dekan I Dr. Ummi Salmah dan Wakil Dekan III Dr. Etty Sudariyati.

Lahmuddin Siregar menghaturkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Dekan FKM USU Prof. Dr. Ida Yustina beserta jajaran Civitas Akademika FKM USU atas kepercayaan dan apresiasi berupa alumni award yang malam itu ia terima bersama dua abang seniornya.

BACA JUGA: Dr. Azrimaidaliza, SKM, MKM Berbagi Tips Cegah Stunting

"Do'a kami semoga Ibu sehat selalu dan sukses terus dalam mewujudkan Visi Hebat FKM USU ke depan. Terkhusus adik-adik panitia pelaksana, Fadillah, Dani, tetap semangat dalam membangun komunikasi dengan alumni," ungkap pria yang juga pernah menjabat Kadinkes Mentawai tersebut.

Turut hadir pada malam itu, Ketua Program Studi Kesehatan Masyarakat (Ka.Prodi Kesmas) Dr. Evi Naria, Ka.Prodi S2 dan S3 Dr. Nurmaini serta para alumni FKM USU antara lain Dr. Letnan Dalimunthe, SKM, M. Kes yang kini menjabat Pj. Walikota Padang Sidempuan, Berton Panjaitan, SKM / Direktur Mitigasi BNPB, Balyan, SKM / Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Padang Sidempuan, Ferdinand S Tarigan, SKM / mantan Kabag Kerjasama Multilateral /Analis Kebijakan Ahli Madya BKPK Kemenkes, Prof. Hoirun Nisa, Ph.D / Guru Besar UIN Jakarta, Dr. Sumarjaya / Kepala Pusat Penanggulangan Krisis Kesehatan Kemenkes RI, T Alamsyah, SKM / Wakil Rektor UTU, Tiodora Sidabutar / Staf Sekretariat Direktorat Jenderal (Setditjend) Kesmas Kemenkes RI dan para alumni lainnya.

Tentang FKM USU

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara (FKM USU) hingga 10 Oktober 2023 telah melahirkan sebanyak 8.193 alumni.

FKM merupakan fakultas yang ke-10 berdiri di USU. Fakultas ini lahir pada tanggal 21 Oktober 1993 melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 0736/O/1993. 

Cikal bakal fakultas ini sebelumnya dimulai dari pembentukan Program Studi Kesehatan Masyarakat (S1) pada Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara melalui Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 11/DIKTI/Kep/1985 tanggal 20 Maret 1985.

Sejarah Ringkas FKM USU

Pada tahun 1982, di Indonesia baru didapati 2 (dua) buah Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) yaitu FKM UI di Jakarta (1965) dan FKM UNHAS di Ujung Pandang (1982). Pada saat itu kedua FKM tersebut belum mampu menghasilkan Sarjana Kesehatan Masyarakat (SKM) sejumlah yang dibutuhkan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan kesehatan di Indonesia. 

Oleh sebab itu dirasa perlu untuk menambah FKM di Indonesia yang lokasinya tersebar yaitu dengan mendirikan 3 (tiga) FKM lainnya yang menyebar di seluruh tanah air yaitu FKM UNAIR di Surabaya, FKM UNDIP di Semarang dan FKM USU di Medan.

#adv/ede











 
Top