DENGAN penuh rasa percaya diri, tak obahnya model profesional, sosok-sosok mungil menggemaskan itu tampil gagah dan cantik saat 
fashion show di halaman sekolah mereka, Senin (27/11/2023).

Ya, siswa siswi SD Negeri Sampangan 01 Kota Semarang itu tengah memamerkan busana dan gaun dari limbah plastik hasil karya mereka. Ada yang terbuat dari bungkus makanan ringan, tas kresek hingga tali rafia.

BACA JUGA: Menghormati Hak Anak Hidup Nyaman dan Sejahtera

Tidak hanya busana dan gaun yang dipamerkan, para siswa siswi juga membawa hasil karya dari sampah plastik lainnya yang seperti vas bunga, toples dari botol mineral, mainan anak- anak dari sampah plastik, hiasan dinding dari sendok plastik bekas serta karya unik lainnya.

Selain fashion show, pihak sekolah juga menggelar karya projek penguatan profil pelajar pancasila atau P5 dengan tema Gaya Hidup Berkelanjutan, dan menggelar pameran karya siswa yang semuanya terbuat dari sampah plastik.

"Kegiatan P5 ini bagi anak didik kita, ini sebagai respon terhadap program dari kurikulum sekolah merdeka. Alhamdulillah, SD Sampangan 01 dipilih sebagai sekolah penggerak, maka itulah ide-ide, edukasi-edukasi kepada anak didik dengan menampilkan hasil-hasil karyanya dalam kegiatan ini," jelas Hadi Santoso, Ketua Komite Sekolah.

BACA JUGA: Asesor Sayangkan Fakta Gaji Guru PAUD di Sumbar Masih Jauh di Bawah UMP

"Ini membuat lampu hias, saya membuat lampu ini berkelompok, cara membuatnya biasanya di tata dulu stiknya, kalau sudah ditata lalu mencari sedok bekas, setelah itu bohlam yang ada di dalam diwarnai, terus dikasi botol habis itu sendoknya ditutup jadi bentuk bunga," ujar Melodi, siswi.

Karya siswa siswi yang memanfaatkan barang bekas terutama sampah plastik yang disulap menjadi barang bernilai ekonomis ini, diharapkan bisa mengurangi sampah dari rumah tangga. Dan karya menarik dari sampah plastik yang dibuat oleh para siswa ini bisa dicontoh oleh sekolah lainnya.

#kpc/ede





 
Top