LIMAPULUHKOTA, SUMBAR -- Dalam waktu dekat ini, Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Kemhan RI) berencana akan membangun SMA Taruna Nusantara di Kabupaten Limapuluh Kota, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Berlokasi tepatnya di Jorong Aie Angek Nagari Koto Tinggi kecamatan Gunung Omeh.

Sehubungan rencana tersebut, tim dari pusat sudah turun untuk melakukan survei ke lokasi bekas ibukota negara tersebut pada Selasa (21/11/2023) kemarin.

BACA JUGA: "Bantuan Kemanusiaan Polri untuk Negeri", Kapolres Payakumbuh Salurkan Bantuan hingga Ujung Nagari!

Saat survey tersebut, hadir bersama rombongan Kemhan RI diantaranya Pengelola Pengadaan Barang dan Jasa Madya Pus Alpalhan Baranahan Kemhan Kolonel Cpl Yudha Adillah, SIP, MM, Kasubbid Perencanaan Bid Renkon Puskon Baranahan Kemhan Letkol Czi Bambang Hermanto.

Kemudian dari Komando Distrik Militer 0306/50 Kota hadir Perwira Seksi Operasi Kapten Infanteri Silkwandi. 

Dari Provinsi Sumbar hadir Kepala Bidang Ideologi Kesbangpol Sumbar, Donny. Sedangkan dari Pemkab Limapuluh Kota hadir Kepala Badan Kesbangpol Joni Amir dan Kabid Asset serta sejumlah pejabat lainnya.

Kolonel Cpl Yudha Adillah, mengatakan, Limapuluh Kota tempat yang strategis untuk berdirinya sekolah taruna nusantara. Apalagi dengan adanya sejarah panjang Kabupaten Limapuluh Kota yang pernah menjadi Pusat Pemerintahan Darurat Indonesia (PDRI) dalam memperjuangkan dan mempertahankan Kemerdekaan RI terutama di Koto Tinggi.

KEPINGIN Gabung Jadi Biro Perwakilan Sumatrazone? Syarat Ringan, Hubungi Kami via WA: +6283181675398! QUOTA TERBATAS!

“Hasil lapangan ini akan kita laporkan dan bahas di Kemhan RI. Sebagai putra daerah Limapuluh Kota, saya sangat mendukung berdirinya SMA Taruna Nusantara ini. Mudah-mudahan cepat direalisasikan,” ujar Kolonel Cpl Yudha Adillah.

Putra Batu Payuang, Kecamatan Lareh Sago Halaban itu meminta dukungan semua pihak termasuk Pemkab Limapuluh Kota serta masyarakat Koto Tinggi dalam mewujudkan berdirinya SMA Taruna Nusantara di utara Limapuluh Kota itu.

Sedangkan Komandan Kodim 0306/50 Kota Letkol Infanteri Adri Asmara Yudha melalui Pasiops kapten Inf Sil Suandi menyatakan mendukung penuh rencana pembangunan SMA Taruna Nusantara di Nagari Koto Tinggi.

Menurut Dandim, berdirinya sekolah tersebut akan mempermudah akses bagi putra putri Sumbar, khususnya Kabupaten Limapuluh Kota untuk mendapatkan pendidikan.

BACA JUGA: Mantan Rektor UIN Suska Kembali Terjerat Korupsi, Kali Ini Rugikan Negara Rp7,6 Miliar!

“Ini tentunya akan menambah kualitas sumber daya manusia di Kabupaten Limapuluh Kota. SMA Taruna Nusantara sudah terbukti kualitas lulusannya dengan menghasilkan alumni terbaik yang banyak bekerja di pemerintahan, menjadi prajurit TNI dan Polri, BUMN maupun swasta,” ujar Letkol Infanteri Adri Asmara Yudha.

Diharapkan dengan adanya SMA Taruna Nusantara tersebut, dapat menghasilkan generasi penerus yang berkualitas dalam menyongsong Indonesia Emas tahun 2045.

Kemudian, katanya lagi, melalui pembangunan SMA Taruna Nusantara akan memotivasi, menginspirasi, dan membentuk generasi muda untuk lebih bertanggung jawab dan mempermudah akses bagi warga Kabupaten Limapuluh Kota mendapatkan pendidikan yang terbaik. 

#rel/ede







 
Top