PEKANBARU -- Viral di media sosial aksi heroik Brikpa Oktavianus Yusbar menghadang penjambret di Pekanbaru, Riau. Kaki sang Bintara polisi bahkan terkilir akibat menghalau jambret.

Dalam video viral hasil rekaman warga  di Jalan Arkom Tanayan Raya, Bripka Oktavianus terlihat sigap membekuk jambret yang beraksi pagi tadi.

"Pas pula polisi melanggar ya (menabrak pelaku). Kalau nggak, nggak kan jatuh dia (jambret)," komentar si perekam video, Jumat (4/2/2022).

Kapolresta Pekanbaru Kombes Pria Budi, dikonfirmasi awak media setempat, membenarkan hal itu. Bripka Oktavianus Yusbar dalam seragam lengkap sedang melintas di lokasi saat kejadian.

"Kebetulan anggota lagi di lokasi. Jadi dia lihat ada itu (jambret), dikejar dan ditabraknya pelaku," kata Kapolresta.

Budi mengapresiasi langkah cepat anggotanya. Ia berharap aksi itu menjadi motivasi personel lain dalam melindungi masyarakat.

"Salut! Itu anggota juga sampai terkilir setelah menabrak sepeda motor pelaku. Sudah ditangani untuk pengobatan," katanya.

Kapolsek Tenayan Raya Kompol Manapar Situmeang kepada awak media mengatakan korban adalah ibu rumah tangga, Nur Habibi (32). Sebelum menjadi sasaran jambret, korban mengendarai sepeda motor dan membawa seorang anaknya yang masih kecil.

"Korban pergi ke warung di dekat Simpang Arkom Tenayan Raya untuk membeli telur. Sesampainya di warung, korban turun dari sepeda motor. Anak korban, masih duduk di atas sepeda motor," paparnya.

Saat korban meninggalkan, HP disimpan di dashboard sepeda motor, tiba-tiba 2 pelaku yang berboncengan sepeda motor datang mendekati sepeda motor korban.

"Seorang pelaku kemudian mengambil handphone milik korban. Aksi pelaku itu ternyata dilihat oleh pemilik warung, yang langsung berteriak maling," katanya.

Anggota Unit Samapta Polsek Tanayan Raya yang sedang berpatroli mendengar teriakan warga. Ia melihat kedua pelaku langsung tancap gas.

"Tanpa pikir panjang, anggota kita tadi itu langsung menabrakkan sepeda motornya ke sepeda motor yang akan melarikan diri. Kedua pelaku terjatuh, anggota bersama masyarakat meringkus 2 pelaku yang sudah berhasil mengambil HP korban," kata Manapar.

Kedua pelaku langsung diserahkan ke petugas piket SPKT. Sedangkan Bripka Oktavianus saat ini mengalami cedera di kaki kiri setelah menabrak sepeda motor pelaku.

#dtc/bin




 
Top