PEKANBARU -- Belasan orang mewakili 200 buruh PT Marlando yang membangun gedung baru Markas Korem 031/Wirabima, menggelar aksi unjuk rasa sekaligus mogok kerja. Mereka menuntut gaji dua bulan kerja yang belum kunjung dibayarkan pihak perusahaan. 

Aksi unjukrasa berlangsung di gerbang masuk gedung Makorem 031/Wirabima (WB), Jalan Sisingamangaraja, Pekanbaru, Sabtu (19/2/2022) pagi.

Selain soal gaji, para buruh juga mencemaskan kehadiran pekerja baru yang dibawa pihak perusahaan.

”Yang bikin kami cemas, sudah lah gaji belum kami terima 2 bulan, adan pula pekerja baru yang dibawa pihak perusahaan,” ungkap sejumlah perwakilan buruh PT. Marlando. 

Aksi unjuk rasa buruh yang berlangsung tertib dan aman terkendali ini lalu didatangi Kapolsek Pekanbaru Kota Kompol Josina dan Danramil/0302 Pekanbaru Mayor (Amr) Luud Guntono.

Kepada para buruh, Mayor Luud meminta supaya bersabar dan persoalan yang mengemuka sudah di tangan atasannya dan tentu segera diselesaikan.

Usai mendengar saran dan masukan dari para muspika, para pekerja ini pun kembali ke dalam gedung Makorem yang terbengkalai. Tidak diketahui apakah mereka kembali bekerja atau tetap mogok.

Seperti diketahui, pembangunan gedung Makorem 031/WB ini sudah memasuki penambahan waktu penyelesaian. Gedung yang dibiayai APBD tahun anggaran 2021 senilai Rp85.629.954.950,15,- ditargetkan selesai dalam 187 hari sejak 28 Juni 2021.

Tidak hanya menyisakan gedung yang tak selesai, beberapa subkontraktor PT. Marlanco juga mengeluhkan belum dibayarkan pekerjaan mereka kendati bagian yang mereka kerjakan sudah selesai. 

#med/bin




 
Top