PEKANBARU -- Rupanya tak hanya jalan kawasan permukiman di Kota Pekanbaru. Ada juga jalan nasional yang kerap terendam banjir seperti ruas Jalan Jenderal Sudirman.

Terdapat empat titik banjir di ruas jalan tersebut yang mesti segera ditangani. Diantaranya, di depan Purna MTQ, Awal Bross, di kawasan Pasar Buah dan di sekitar Telkom.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution menyebut, pihaknya bakal berkoordinasi dengan pelaksana jalan daerah serta pelaksana jalan nasional.

Ada satu kontrak pengerjaan tahun 2022 untuk perbaikan drainase di Jalan Jenderal Sudirman hingga perbatasan dengan Kabupaten Kuntan Singingi. Lokasinya menyebar di empat titik.

"Kita sudah mengusulkan titik perbaikan agar tidak lagi tergenang banjir lagi. Termasuk urgensi pemasangan crossing box culvert di kawasan Jalan Jenderal Sudirman tersebut," terangnya kepada awak media setempat, Jumat (4/2/2022) kemarin. 

Lanjut Indra, pihaknya sudah menyampaikan usulan kepada Balai Besar Penanganan Jalan Nasional (BBPJN). "Kita sudah usulkan sejak tahun lalu, agar masuk dalam penanganan banjir," imbuhnya.

Indra menyampaikan bahwa tim dinas juga melakukan operasi rutin seperti pembersihan drainase secara manual. Mereka membersihkan sedimen dan sampah yang menumpuk di dalamnya. 

Jalan Sudirman merupakan salah satu prioritas dalam penanganan banjir tahun 2022. Jalan protokol tersebut juga merupakan jalan yang menghubungkan sejumlah gedung pemerintahan, seperti Gedung MPP, DPRD Pekanbaru, Pemprov Riau, dan DPRD Riau.

#src/efm





 
Top