PADANG -- Universitas Andalas (Unand) menggelar wisuda tatap muka pertama setelah dua tahun pandemi Covid-19, Sabtu (19/2/2022), bertempat di Auditorium Kampus Limau Manis.

Meski pandemi, kampus yang baru saja berstatus PTN-BH ini tak pernah absen dari lulusan terbaik. Salah seorang diantaranya adalah Dr. Lola Fitria Sari SE, MM. Perempuan kelahiran Bukittinggi, 3 Juli 1984 ini adalah lulusan terbaik pada Program Doktor Fakultas Ekonomi (Fekon)  Unand.

Dosen AKBP STIE Padang ini berhasil menjadi lulusan pertama dan tercepat pada angkatannya. Pada acara wisuda, ia dianugerahi piagam penghargaan yang diserahkan langsung oleh Rektor Unand Prof. Yuliandri.

Disertasinya berjudul "Religiusitas dan Prilaku Ekonomi Muslim di Padang". Direktur Bidang SOIna Sumatera Barat mengkaji prilaku masyarakat Kota Padang yang mulai hijrah ke ekonomi berbasis syariah.

Dijelaskannya, berdasarkan hasil kajian diharapkan pemerintah dan lembaga negara terkait meningkatkan sistem ekonomi berbasis syariah agar membuka peluang kepada para pekerja muslim dengan ketaatan spiritual yg tinggi untuk tetap berkontribusi dalam menjalankan perekonomian.

"Pemerintah harus memberikan peluang lebih besar kepada para pekerja muslim yang memiliki ketaatan spritual tinggi untuk tetap berpartisipasi menjalankan perekonomian berbasis syariah," ujarnya usai prosesi wisuda di Unand.

Dilanjutkannya, harus sejalan antara perilaku hijrah masyarakat dengan kebijakan pemerintah, sehingga sistem perekonomian syariah bisa tumbuh dan berkembang di Padang.

Ibu tiga anak ini juga membeberkan kiat sukses meraih gelar doktor di tengah pandemi Covid-19 ini. Menurutnya dukungan keluarga dan target dalam diri adalah faktor yang menentukan dalam mencapai sesuatu.

"Keep spirit, stay focus dalam mengikuti proses pembelajaran dan taat mengikuti bimbingan yang diberikan promotor, prioritas berdoa dalam menyelesaikan target perkuliahan atas izin serta support suami dan anak-anak," ungkapnya.

Kemudian, menurut Lola lagi, ia tidak menyia-nyiakan memberikan yang terbaik dalam setiap kesempatan yang diberikan, serta memanfaatkan kesempatan beasiswa Dikti yang telah diberikan kepadanya.

"Berkomitmen dalam menyelesaikan amanah yang telah diberikan," tutur Ketua Bidang Pendidikan Ikatan Keluarga Koto Anau (IKKA) Padang tersebut. 

Sementara itu, Rektor Unand Prof. Yuliandri menyampaikan, Unand melepas 1.228 wisudawan, dengan rincian program diploma tiga sebanyak 17 orang, sarjana 990 orang, profesi 79 orang, magister 105 orang, spesialis 22 orang dan doktor sebanyak 15 orang.

“Alhamdulillah, kita kembali bisa melakukan wisuda secara tatap muka, tentunya dengan tetap menjalankan protokol  kesehatan yang ketat,” katanya.

Ia menyampaikan pelaksanaan wisuda pada wisuda I tahun 2022 ini dilakukan selama dua hari. Pada Jumat (18/2/2022) kemarin diikuti oleh Fakultas Kedokteran, MIPA, ISIP, Farmasi, Keperawatan, Kedokteran Gigi, dan Teknologi Informasi.

Sedangkan pada Sabtu (19/2/2022) ini diikuti oleh Fakultas Hukum, Pertanian, Ekonomi, Peternakan, Ilmu Budaya, Teknik, Teknologi Pertanian, Kesehatan Masyarakat dan Pascasarjana.

"Saya atas nama pimpinan mengucapkan selamat kepada wisudawan-wisudawati dan keluarga atas pencapaian anak didik yang telah menyelesaikan studinya tepat waktu dengan perjuangan yang sangat keras dalam suasana pandemi Covid-19,” ujar Yuliandri.

Ia berharap para wisudawan/wisudawati dapat mempraktekkan ilmu yang didapat dan berkontribusi bagi masyarakat, lingkungan kerja, lingkungan sosial, dan berkontribusi bagi kemajuan nusa dan bangsa.

“Dengan kompetensi dan pengalaman pendidikan yang sudah didapatkan di perguruan tinggi, kami yakin para alumni Unand akan bisa bersaing dan menjadi yang terbaik di dunia kerja,” katanya.

Ia juga berharap, para lulusan dapat segera memperoleh pekerjaan atau membuka lapangan pekerjaan dan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

#ede






 
Top