JAKARTA -- Komisi II DPR RI telah menyetujui 7 nama anggota KPU dan 5 nama anggota Bawaslu periode 2022-2027. Nama-nama anggota KPU dan Bawaslu itu selanjutnya akan dibawa ke rapat paripurna untuk selanjutnya diserahkan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi)

12 nama tersebut ditetapkan Komisi II DPR RI usai proses uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test, Kamis (17/2/2022) dinihari, sekitar pukul 01.30 WIB. 

Rapat penetapan tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia dan Wakil Ketua DPR Lodewijk Freidrich Paulus dan Sufmi Dasco Ahmad.

"Berdasarkan pertimbangan itu semua pada akhirnya setelah kita lakukan simulasi berbagai hal, berbagai cara, maka kita putuskan kita tetapkan urutan 1-14 dimana 1-7 adalah yang terpilih untuk menjadi calon anggota KPU yang akan dilantik oleh presiden nanti," kata Doli saat rapat di Gedung DPR/MPR, Jakarta.

Berikut ini ketujuh nama yang telah diputuskan oleh Komisi II DPR RI menjadi anggota KPU periode 2022-2027:

1. Betty Epsilon Idroos

2. Hasyim Asy'ari

3. Mochammad Afifuddin

4. Parsadaan Harahap

5. Yulianto Sudrajat

6. Idham Holik

7. August Melaz

"Jadi ini 7 nama yang kita tetapkan terpilih menjadi calon anggota KPU RI," ucap Doli.

Doli kemudian mempertanyakan kepada forum rapat apakah bisa menyetujui ketujuh nama tersebut. Forum rapat pun menyetujui.

"Apakah kita bisa setuju bapak ibu sekalian?" tanya Doli.

"Setuju....!," jawab forum menyetujui.

Kemudian Komisi II DPR juga langsung mengumumkan 5 nama anggota Bawaslu periode 2022-2027. Doli menyampaikan 5 nama teratas terpilih sebagai anggota Bawaslu RI.

"Urutan 1-5 ini adalah yang akan ditetapkan dan dilantik menjadi anggota Bawaslu masa jabatan 2022-2027," kata Doli

Berikut ini 5 nama yang ditetapkan oleh Komisi II DPR RI sebagai anggota Bawaslu masa jabatan 2022-2027:

1. Lolly Suhenty

2. Puadi

3. Rahmat Bagja

4. Totok Haryono

5. Herwyn Jefler H.Malonda

Doli lantas mempertanyakan kepada forum rapat apakah bisa menyetujui kelima nama tersebut. Forum rapat pun menyetujui.

"Apakah kita bisa setuju bapak ibu sekalian?" tanya Doli.

"Setuju...!," jawab forum menyetujui.

Doli pun lantas menutup rapat penetapan anggota KPU dan Bawaslu periode 2022-2027. Dia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat dalam penetapan ini.

"Dengan demikian bapak ibu sekalian, alhamdulilah setelah hari keempat tanggal 14, 15, 16, dan 17 dini hari kita sudah bisa menyelesaikan semua proses seleksi calon anggota KPU RI dan calon anggota Bawaslu RI masa jabatan 2022-2027. Karena itu tentu kita semua ucapkan terima kasih kepada kita semua," ujar Doli.

#dtc/bin



 
Top