MALANG, JATIM -- Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme atau BNPT RI, Komjen Pol Dr Boy Rafli Amar, melantik Dr. Mukhlisuddin Ilyas sebagai Ketua Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Aceh, Senin (14/2/2022).

Mukhlisuddin dilantik menggantikan ketua FKPT Aceh sebelumnya, Dr Kamaruzzaman Bustamam Ahmad.

Pelantikan berlangsung pada acara Rapat Nasional (Rakernas) dan Pelantikan 34 Ketua FKPT Se-Indonesia, yang digelar di Singhasari Resort Batu Malang, Jawa Timur.

Komjen Pol Boy Rafli Amar dalam arahannya mengatakan, perjalanan FKPT harus tetap berlanjut, selalu membangun sinergi dengan pengurus sebelumnya dan membangun komunikasi dengan semua stakeholder khususnya dalam hal pencegahan radikalisme.

Menurut Boy Rafli, Indonesia berada di urutan ke-4 dunia dalam hal pengguna media sosial.

Untuk itu, katanya, diperlukan sinergi mencegah penyebaran radikalisme berbasis media digital dan cara-cara lainnya.

"FKPT harus terus bergerak, khususnya dalam hal pencegahan radikalisme dan terorisme," kata Boy Rafli, demikian siaran pers FKPT Aceh mengutip pernyataan Ketua BNPT.

Boy Rafli menambahkan, Indonesia sebagai bangsa yang berperadaban, dan harus terus bergerak untuk menebar kebaikan dalam Indonesia harmoni.

Sementara itu, Ketua FKPT Aceh Periode 2022-2025, Mukhlisuddin Ilyas bersama pengurus baru, menyatakan akan terus menjaga tradisi FKPT Aceh dalam mewujudkan Aceh dan Indonesia yang harmoni, saling asah, dan salih asuh, bersatu membangun Aceh harmoni.

"Kami akan melanjutkan tradisi ketua-ketua FKPT Aceh sebelumnya. Untuk membangun sinergi yang sesuai dengan tugas dan fungsi FKPT sebagai sebuah forum untuk pencegahan radikalisme," kata Mukhlisuddin Ilyas.

Menurut Mukhlis, FKPT berfungsi sebagai wadah partisipasi masyarakat di daerah dalam membangun sinergi dengan BNPT RI dalam melaksanakan koordinasi dan program serta kegiatan pencegahan radikalisme dan terorisme di Aceh.

Sebagaimana diketaui, sejak berdiri, FKPT Aceh sudah dipimpin oleh tiga ketua, masing-masing Profesor Yusny Saby, Profesor M Hasbi Amiruddin, Dr Kamaruzzaman Bustamam Ahmad dan kini akan dilanjutkan oleh Dr Mukhlisuddin Ilyas.

Pengurus FKPT Aceh yang dilantik

Ketua: Dr Muhlisuddin Ilyas

Sekretaris: Mahdi Efendi

Bendahara: Dedy Andrian

Kabid Hukum dan Media Massa: Dr Wiratmadinata

Kabid Perempuan dan Anak: Suraiya Kamaruzzaman

Kabid Agama Sosial dan Budaya: Dr Sulaiman Tripa

Kabid Penelitian: Rizkika Lhena Darwin

Kabid Pemuda dan Pendidikan: Azwar A Gani.

#serambinews






 
Top