PADANG -- Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) menggelontorkan anggaran sebesar Rp185 miliar pada 2022 untuk membantu pembangunan Kota Padang di berbagai bidang.

"Anggaran itu disalurkan untuk berbagai bidang di antaranya pertanian, peternakan, perikanan dan pendidikan," ujar Gubernur Sumbar Mahyeldi saat mengunjungi Masjid Al Mubarok, Padang Selatan, Rabu (6/4/2022) malam.

Menurut Gubernur Sumbar, pihaknya mengajak Pemko Padang bekerja sama dalam hal pembiayaan bagi pelajar SMA/SMK.

"Kerja sama ini memberikan dampak signifikan terhadap keberhasilan program wajib belajar 12 tahun yang dicanangkan pemerintah," ujar kader senior Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang pernah 2 periode menjabat Wali Kota Padang tersebut. 

Sebagai ilustrasi, pada periode kedua menjabat Wali Kota Padang, Mahyeldi  berpasangan dengan kader muda Partai Amanat Nasional (PAN) Hendri Septa selaku Wakil Wali Kota Padang. Saat ini Wali Kota Padang dijabat Hendri Septa, melanjutkan masa jabatan Mahyeldi yang maju sebagai kandidat lalu terpilih sebagai Gubernur Sumbar periode 2019 - 2024.

Kembali ke topik pemberitaan, untuk investasi, Mahyeldi berpandangan bahwa kota yang pernah ia pimpin tersebut memiliki kelebihan dari daerah lain di Sumbar. Salah satunya akses yang dekat ke bandara dan fasilitas yang memadai. Karena itu, Padang harus siap untuk menjadi salah satu tujuan investasi.

Mahyeldi menuturkan dalam waktu dekat sejumlah investor potensial akan datang ke Sumbar untuk mempelajari peluang usaha yang tersedia dan menanamkan modalnya. Untuk itu dia meminta Pemko Padang menyiapkan diri sebaik mungkin.

“Kami juga akan menawarkan (peluang investasi) di beberapa lokasi di Kota Padang. Mudah-mudahan Padang bisa menarik minat investor," katanya.

Dalam kunjungan tersebut Tim Safari Ramadan Sumbar juga menyerahkan bantuan total Rp 61 juta untuk masjid masing-masing sebesar Rp 50 juta dari Pemprov, bantuan Bank Nagari sebesar Rp 10 juta, Kepala Dinas Bina Marga, Cipta Karya, dan Tata Ruang (BMCKTR) Prov. Sumbar sebesar Rp 1 juta.

Terakhir juga diserahkan bantuan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sumbar berupa sejumlah kitab suci Al-Qur’an.

#rel/red




 
Top