BUKITTINGGI, SUMBAR -- Wali Kota Bukittinggi Erman Safar mengangkat imam Masjid Jami' Tarok menjadi guru karena mampu membaca ayat suci Al Quran dengan merdu saat Tim Safari Ramadan (TSR) Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi Sumatera Barat (Sumbar) mengunjungi masjid bersejarah tersebut, Rabu (6/4/2022) malam.

"Saya seperti berada di Mekkah dan Madinah, indah sekali bacaan dan alunan irama imam Masjid Jami' Tarok, Insya Allah kami akan berikan tempat beliau menjadi salah seorang tenaga pendidik di lingkungan satuan pendidikan di Pemko Bukittinggi," kata Erman Safar. 

Ia mengatakan di bulan Juli, akan ada penambahan tenaga pengajar di SD dan SMP di Kota Bukittinggi.

"Saya pastikan, satu tempat untuk Imam kita yang sudah S2 Pendidikan Islam ini, tolong dilengkapi administrasinya dari kelurahan dan kecamatan," pinta wali kota. 

Menurut Erman Safar, pada Ramadan memang selalu dibutuhkan imam yang memiliki suara terbaik untuk mengimami shalat khususnya Tarawih yang berdurasi lama.

"Saya seperti diimami imam Masjidil Haram, Muhammad As Sudais, semoga makin banyak lagi imam masjid memiliki suara emas di Bukittinggi," ujarnya.

Wako yang memimpin Tim Satu Safari Ramadan turut memberikan bantuan hibah pembangunan Masjid Jami' Tarok senilai Rp5 miliar.

"Pembangunan masjid menjadi salah satu prioritas kami, kami juga akan memperjuangkan tambahan biaya lainnya dari tokoh-tokoh Nasional yang datang ke Bukittinggi," katanya.

Ia menambahkan harapannya agar pengurus masjid di Kota Bukittinggi untuk bisa mengajak warga sekitar datang beribadah setiap waktu.

"Dalam tanda kutip, pengurus harus bisa membuat program yang memaksa jamaah untuk datang shalat ke masjid, mari ramaikan, jangan hanya hadir dan ramai saat Jumat dan lebaran saja," tegasnya.

Wali Kota dan TSR juga memberikan secara simbolis bantuan kepada Masjid Jami' Tarok yang diterima pengurus serta tokoh masyarakat setempat.

Masjid Jami' Tarok akan melakukan pembangunan kembali setelah berdiri sejak 1.800-an di Bukittinggi.

Pembangunan dilakukan untuk menampung jamaah yang lebih besar dan sudah digelar acara peletakan batu pertama awal Maret lalu.

#ant/pit




 
Top