JAKARTA -- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian memerintahkan Irjen Kemendagri memanggil Sekda Riau SF Hariyanto yang istri dan anaknya dikabarkan pamer kemewahan. Tito mengatakan pemanggilan dilakukan untuk klarifikasi.

"Ya pertama saya sudah perintahkan Irjen untuk melakukan klarifikasi kepada yang bersangkutan, yang kedua hari Senin lalu saya sudah menyampaikan dalam zoom meeting tentang inflasi, tapi saya sempatkan masukkan isu mengenai itu, yaitu mendorong pola hidup sederhana," kata Tito Karnavian di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (29/3/2023).

Tito juga menyoroti klaim Hariyanto soal ulang tahun ke-17 putrinya digelar di toko bernama Ritz-Carlton. Tito mengatakan pihaknya bakal melakukan klarifikasi.

"Iya (soal ulang tahun di toko), katanya ada beberapa tahun yang lalu katanya, katanya toko itu juga bagian dari (klarifikasi). Saya sudah minta catet saja, saya sudah minta Irjen Mendagri untuk memanggil yang bersangkutan melakukan klarifikasi. Itu kan bisa benar, bisa tidak, maka kita harus klarifikasi dulu," ucapnya.

Sebelumnya, Sekda Riau SF Hariyanto menjadi sorotan lantaran istri dan anaknya memamerkan kemewahan. Hariyanto pun akhirnya buka suara terkait acara ulang tahun ke-17 putrinya yang mewah.

Awalnya, video anak dari SF Hariyanto melaksanakan pesta ulang tahun ini disebar akun Twitter @PartaiSocmed. Dalam pesta itu, anak dari Sekda Riau ini terlihat memotong kue yang berukuran besar. Acara itu disebut digelar di Ritz-Carlton.

SF Hariyanto tidak membantah jika video yang viral itu adalah pesta ulang tahun anaknya. Dia menyebut ulang tahun itu digelar saat anaknya berusia 17 tahun di toko bernama Ritz Carlton.

"Foto anak saya ulang tahun 17 ya namanya orang tua karena anak pertama umur 17 ya ingin la, bukan besar-besar, di toko kok, di toko tapi namanya Ritz Carlton, umur 17 tahun sama kawan-kawannya satu sekolah," ujar Hariyanto dalam video klarifikasinya.

Ia juga menyampaikan klarifikasi soal viral istrinya yang disebut pamer barang mewah. Hariyanto menyebut barang-barang itu palsu alias KW.

#dtc/dwf/haf





 
Top