JAKARTA - Untuk menjelajah Sumatera saat ini sudah dimudahkan dengan infrastruktur yang telah dibangun. Kini, sudah tersedia Jalan Tol Trans Sumatera. Melakukan road trip dari Jakarta hingga Aceh, berapa total biaya tol yang harus dikeluarkan?

Meski belum menjangkau semua jalur Sumatera, setidaknya jalan tol ini memudahkan dan mempercepat perjalanan. 

Untuk menuju Titik Nol Kilometer Indonesia di Sabang, Aceh, kita menempuh perjalanan dari Jakarta menuju Lampung, Palembang (Sumatera Selatan), Muara Bungo (Jambi), Payakumbuh-Bukittinggi (Sumatera Barat), Balige-Simalungun-Samosir-Medan (Sumatera Utara), Lhokseumawe-Banda Aceh dan finis di Titik Nol Kilometer Indonesia di Sabang.

Dari Jakarta, menempuh jalan tol sampai Pelabuhan Merak dulu untuk menyeberang ke Bakauheni. Dari Bakauheni, menempuh perjalanan lewat tol sampai ke Kota Bandar Lampung dan Palembang. Dari Palembang menempuh jalur Lintas Tengah Sumatera via Sekayu, Lubuklinggau, sampai ke Muara Bungo. Lanjut ke Payakumbuh-Bukittinggi di Sumatera Barat, sampai Danau Toba di Sumatera Utara. Kemudian ke Medan, sampai ke Aceh dan menyeberang ke Pulau Weh untuk menuju Titik Nol Kilometer Indonesia di Sabang.

Perjalanan bisa ditempuh sekitar lebih dari dua pekan. Itu tidak langsung gaspol ke Sabang, melainkan mampir dulu di beberapa kota di sepanjang perjalanan. 

Total jarak dari Jakarta sampai Sabang mencapai 3.865 km, termasuk beberapa kali mengelilingi kota-kota besar seperti di Bandar Lampung, Palembang, Muara Bungo, Danau Toba, Pulau Samosir, Medan, Aceh, dan Sabang.

Adapun jalan tol yang ditempuh selama perjalanan ini antara lain Tol Dalam Kota Jakarta, Jakarta Merak, Bakauheni Selatan-Kayu Agung Utama sampai Kayu Agung-Kramasan di Palembang.

Berikut tarif tol dari Jakarta sampai Palembang:

Tol Dalam Kota Jakarta: Rp 10.500

Tol Jakarta-Tangerang: Rp 7.000

Tol Tangerang-Merak: Rp 53.500

Tol Bakauheni Selatan-Kayu Agung Utama: 289.000

Tol Kayu Agung-Kramasan: Rp 50.000

Lanjut dari Palembang ke Muara Bungo (Jambi), Payakumbu-Bukittinggi (Sumatera Barat), sampai ke Danau Toba musti menempuh perjalanan non-tol karena memang belum ada diakses jalan tol ke sana. Jalan tol bisa diakses lagi di Tebing Tinggi untuk menuju ke Medan. 

Berikut tarif jalan tol dari Tebing Tinggi sampai Medan:

Gerbang Tol Tebing Tinggi sampai Gerbang Tol Amplas: Rp 56.500

Kemudian dari Medan untuk ke Aceh, bisa mengakses jalan tol lagi dari gerbang tol Marelan ke Gerbang Tol Stabat dengan tarif Rp 28.000.

Di Aceh, ada tol lagi untuk menuju Banda Aceh. Tol di Aceh yang bisa ditempuh yaitu dari Gerbang Tol Seulimeum sampai gerbang tol Blang Bintang dengan tarif Rp 42.500.

Total, pengeluaran tol yang kami habiskan selama perjalanan dari Jakarta menuju Sabang adalah Rp 537.000.

Tapi, tak ada salahnya kok mengisi e-toll dengan saldo lebih dari tarifnya untuk jaga-jaga.

#dtc/gia





 
Top